Jakarta (ANTARA News) - Mantan ketua Nissan Motor Co Carlos Ghosn dijadwalkan tampil di pengadilan Tokyo pada Selasa (8/1), setelah ia meminta sidang terbuka untuk mendengar alasan penahanannya.

Ini akan menjadi penampilan publik pertama Ghosn sejak dia ditangkap pada pertengahan November tahun lalu atas tuduhan pelanggaran keuangan. Dia ditahan sejak saat itu dan juga telah ditangkap kembali atas tuduhan lebih lanjut.

Sidang akan berlangsung pada pukul 10.30 waktu setempat, kata pengadilan seperti dilansir Reuters, pada Jumat.

Baca juga: Ada tuduhan baru terhadap Ghosn, menyangkut pembayaran kepada pengusaha Arab

Baca juga: Greg Kelly akan bebas setelah pengadilan Tokyo tolak permintaan jaksa


Awal pekan ini, Pengadilan Distrik Tokyo menyetujui perpanjangan penahanan Ghosn hingga 11 Januari. Ghosn membantah tuduhan itu, kata media setempat.

Mantan eksekutif Nissan Greg Kelly, yang dituduh berkonspirasi untuk melaporkan pendapatan Ghosn yang dikecilkan, telah dibebaskan dengan jaminan setelah pengadilan memutuskan untuk tidak memperpanjang penahanannya, sementara ia menunggu persidangan.

Penangkapan Ghosn telah mengguncang industri otomotif dan mempererat hubungan Nissan dengan mitra otomotif Prancis Renault SA, di mana di perusahaan itu dia masih tetap menjabat sebagai ketua dan kepala eksekutif.

Baca juga: Pengadilan Tokyo perpanjang penahanan Ghosn sepuluh hari

Baca juga: Greg Kelly langsung ke rumah sakit usai dapatkan jaminan

 

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2019