Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan teknologi asal China, Tencent, merekrut insinyur mobil swakemudi di Palo Alto, California, berkompetisi dengan perusahaan lain yang mencari bakat di jantung Silicon Valley.

Silicon Valley adalah pusat untuk pengujian dan penelitian kendaraan swakemudi, dengan lima lusin perusahaan diizinkan untuk menguji mobil-mobil seperti itu di jalan-jalan California. Namun, catatan tidak menunjukkan Tencent memiliki izin pengujian kendaraan swakemudi.

"Kami sedang membangun tim riset untuk Tim Auto-drive kami yang berbasis di Palo Alto, CA," kata Tencent dalam iklan lowongan kerja di LinkedIn, lansir Reuters, Rabu.

Setidaknya ada sembilan postingan di LinkedIn untuk posisi teknik di bidang tersebut, termasuk perencanaan gerak, sensor fusi, kecerdasan kendaraan dan pembelajaran mesin.

Tencent menolak berkomentar kepada Reuters tentang rencana pembangunan tim swakemudi di Silicon Valley.

Saingan Tencent, Baidu, merupakan salah satu generasi pertama dari perusahaan China yang didirikan di Silicon Valley pada 2011. Baidu telah memiliki izin pengujian kendaraan swakemudi di California.

Menurut kantor berita China, Xinhua, pada Mei lalu, Tencent mendapat lampu hijau untuk menguji mobil swakemudi di beberapa jalan umum di selatan Shenzen, kota yang merupakan kantor pusat Tencent, demikian Reuters.

Baca juga: Tencent buat kacamata pintar mirip Snapchat Spectacles

Baca juga: Ford dan Baidu lakukan pengujian mobil swakemudi di China
Penerjemah: Arindra Meodia
Copyright © ANTARA 2018