Jakarta (ANTARA News) - Yamaha merilis sepeda motor sport R25 dan R3 (YZF-R25 & YZF-R3) generasi terbaru secara global di Indoensia dalam acara bertajuk R1 20th Anniversary "We Are R" di Grand Mercure, Jakarta Kamis.

Peluncuran dua motor terbaru Yamaha ini sekaligus merayakan 20 tahun kiprah Yamaha R1 yang telah mengaspal di berbagai belahan dunia dan turut menginspirasi lahirnya keluarga Yamaha "seri R".

Peluncuran dibuka dengan pemutaran video sejarah perjalanan Yamaha R1 sejak 1998 hingga saat ini, sebelum para management Yamaha dari negara-negara Asia serta pebalap Galang Hendra Pratama memperkenalkan R25 dan R3 terbaru itu.

"PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) adalah satu-satunya pabrik yang memproduksi R25 dan R3 sejak kami menjualnya pertama kali pada Juli 2014," kata President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto, Kamis.

Yamaha R25 dan R3 merupakan produk buatan pabrik Yamaha di Indonesia yang juga diperuntukkan untuk pasar ekspor antara lain negara Asia Tenggara, Jepang, Eropa, Australia hingga Amerika Serikat.

"Kami memenuhi sistem produksi berdasarkan standar manajemen Yamaha dan kontrol kualitas menyeluruh untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi ke seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Eropa dan Jepang," terang dia.

Baca juga: Yamaha R25 punya tiga warna baru
 
Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru dirilis secara global di Indonesia (ANTARA News/Alviansyah P)


Desain dan harga

Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru tampil lebih sporty dengan desain anyar bertema "Super Sport Desain" yang terinspirasi YZR-M1. Desain body Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru memiliki aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

"Model ini memiliki kecepatan lebih cepat 8kilometer per jam dari model sebelumnya," kata Michiharu Hasegawa selaku Project Leader Yamaha Motor Co, Ltd.

Lampu depan dan belakang sudah mengadopsi full LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama. Bagian kokpit didesain menyerupai Yamaha R1, mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang "under yoke" dengan plat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang di atasnya.

Suspensi Up Side Down tidak hanya menambah macho tampilan motor tetapi turut meningkatkan handling yang membantu dalam agresifitas serta kenyamanan berkendara.

Hal itu sesuai dengan konsep "Riding The R Anytime" yang diusung Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru.

Acara R1 20th Anniversary "We Are R" Global Launching ini dihadiri oleh seluruh pembalap Yamaha dari Asia yang akan bertanding di ARRC. Mereka juga memberikan komentar terkait kehadiran Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru yang nantinya akan menjadi partner balap mereka kedepannya.

Yamaha R25 dibanderol Rp 58,6 juta untuk tipe yang biasa dan Rp 58,95 juta untuk tipe Movistar Livery, berstatus on the road DKI Jakarta. Sedangkan harga R3 akan diumukan pada waktu mendatang.

Video:
 

Baca juga: Yamaha Tracer 900 GT 2019 dihargai mulai Rp196 juta

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018