Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mendapat banyak pujian dari masyarakat lewat 'aksinya' saat mengendarai motor dalam sebuah cuplikan video pada acara pembukaan Asian Games 2018. 

Jokowi ditampilkan nampak lihai dan cekatan saat menunggangi kuda besinya menerobos kemacetan Ibukota menuju Gelora Bung Karno.

Meskipun pada beberapa adegan menggunakan pemeran pengganti, namun masyarakat tetap mengapresiasi aksi Jokowi yang memukau tersebut.

Sosok Jokowi memang akrab dengan sepeda motor. Dalam beberapa kesempatan, dirinya lebih memilih mengendarai motor untuk melakukan aktivitas kunjungan kerjanya.

Ada beberapa jenis sepeda motor yang ia tunggangi. Motor-motor itu kemudian viral di media sosial dan menjadi perbincangan publik.

Dari catatan Antara, setidaknya ada empat motor yang menjadi sorotan setelah dikendarai oleh Jokowi. Berikut ulasannya:

1. Wim Motor tipe Zero 8i
 
Presiden Joko Widodo berboncengan dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyapa warga saat kunjungan kerja di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (12/4/2018). Kunjungan kerja Presiden ke Asmat diantaranya untuk pemberian gizi makanan tambahan bagi ibu hamil dan anak-anak, memeriksa pembangunan tampungan air hujan serta pembangunan rumah bagi warga Asmat. (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Agats, Kabupaten Asmat, Papua, pada Kamis (12/4/2018), Jokowi memilih untuk mengendarai sepeda motor listrik. Sepeda motor listrik yang ditunggangi Jokowi saat itu adalah produk keluar dari Wim Motor dengan tipe Zero 8i. 

Motor listrik ini memiliki kapasitas 1000 Watt dan mampu dipacu hingga kecepatan 50-80 kilometer per jam. Motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 12 jutaan.

Baca juga: ARTIKEL - Politik Sepeda Motor Jokowi

2.  Royal Enfield Bullet 350 cc
 
Presiden Joko Widodo mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). Presiden mengendara motor sejauh 30 kilometer meninjau pelaksanaan program padat karya tunai sekaligus memperkenalkan kawasan wisata Pelabuhan Ratu. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)


Pada Minggu (8/4/2018), Jokowi melakukan kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, dirinya tampil dengan mengendarai sepeda motor jenis Chopper dengan merek Royald Enfield Bullet 350 cc.

Motor yang ditungganginya tersebut merupakan motor hasil modifikasi dari Elders Garage dan Kick Ass Chopper. Jokowi membeli motor tersebut pada Januari 2018 dengan harga Rp 140 juta.

Baca juga: Cerita di balik Jokowi menunggang motor paspampres


3. Kawasaki KLX 150 BF SE

Jokowi beberapa kali diketahui mengendarai motor jenis trail saat melakukan kunjungan kerja. Salah satunya ketika mengunjungi daerah Muara Gembong di Bekasi, Rabu (1/11/2017). Dalam kegiatannya tersebut Jokowi mengendarai motor trail Kawasaki KLX 150 BF SE.

Kala itu Jokowi membocorkan alasan mengapa dirinya menunggangi motor trail. Dia mengatakan lokasi tambak di Muara Gembong berada cukup jauh dari akses jalan untuk kendaraan roda empat. Sehingga motor trail dianggap sebagai kendaraan paling pas untuk menuju lokasi tersebut.
 
Penyerahan Izin Pemanfaatan Lahan Tambak Presiden Joko Widodo (kanan), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri) mengendarai motor trail usai meninjau lahan tambak DAN penyerahan izin pemanfaatan lahan tambak Perhutanan Sosial di Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)


Dan yang tidak kalah viral adalah saat Jokowi menunggangi motor trail untuk menjajal sulitnya medan pembangunan jalan Trans Papua di ruas Wamena-Mamugu 1. Jokowi bersama rombongan yaitu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono meninjau langsung pembangunan jalan sepanjang 4.300 kilometer itu.

Kepala Negara menyusuri jalan sepanjang 7 kilometer yang tengah dibangun itu menggunakan motor trail hitam bernomor polisi RI-1.
 
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berfoto dengan latar Danau Habema usai meninjau Jalur Trans Papua menggunakan motor trail di Habema, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (10/5/2017). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwa)


Baca juga: Gaya "sporty" Presiden Jokowi kendarai motor trail

Baca juga: Jokowi buat vlog "ngetrail" di Trans Papua

Baca juga: Jokowi tunggangi trail jajal sulitnya medan Trans Papua



4. Yamaha FZ1
 
Presiden Joko Widodo mengendarai motor sambil melambaikan tangan saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). (INASGOC/Rosa Panggabean)


Yang paling baru adalah aksi Jokowi dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). Dalam sebuah cuplikan video, Jokowi tampil dengan menunggangi motor gede bermerek Yamaha FZ1. Yamaha FZ1 sendiri diproduksi sejak 2001 hingga 2015. Harganya berkisar di angka Rp 150 juta. Kini motor tersebut sudah tidak diproduksi lagi oleh Yamaha. 

Motor Yamaha FZ1 merupakan kendaraan roda dua yang biasa digunakan oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres) sejak tahun 2010. Demikian dari berbagai sumber.

Baca juga: Cerita di balik Jokowi menunggang motor paspampres

Baca juga: Motor Jokowi jadi objek foto di IIMS 2018
 

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018