Jakarta (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menghadiri acara peletakan batu pertama  Astra Biz Center-IKN yang merupakan bentuk dukungan Astra dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu.

“Astra Biz Center-IKN merupakan wujud nyata Astra untuk turut berkontribusi dalam membangun dan mengembangkan IKN sebagai kota hutan lestari (sustainable forest city) dan kota yang layak huni dan dicintai (a livable and loveable city) yang sejalan dengan visi Ibu Kota Nusantara,” kata Direktur Astra, Rudy dalam keterangan resminya, Rabu.

Ia menambahkan bahwa pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi Grup Astra dalam memajukan sentra bisnis serta mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

Pembangunan Astra Biz-Center IKN ini dinilai sejalan dengan konsep Forest City IKN yang menekankan keseimbangan antara pembangunan kota dan kelestarian alam serta lingkungan.

Baca juga: Astra akselerasi pendidikan di daerah serambi IKN Nusantara

Baca juga: TDCAC ke-17 ajak anak ciptakan inovasi mobilitas dari isu sosial

Astra Biz Center-IKN nantinya akan menempati lokasi lahan seluas 3,4 hektare.  Astra Biz Center-IKN yang dibangun oleh Astra merupakan komplek terpadu, terintegrasi, dan berkonsep one stop service sebagai pusat layanan dari 11 merek dari perusahaan Grup Astra.

Sebanyak 11 perusahaan tersebut diantaranya adalah Astra Motor, Auto2000, Astra Daihatsu, FIFGROUP, Asuransi Astra, ACC, TAF, United Tractors, ASTRA Infra, SERA, dan Astra Property.

Pembangunan komplek ini, dikatakan oleh dia akan mengedepankan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat terhadap produk-produk mobilitas kendaraan roda empat dan roda dua Astra yang dilengkapi dengan berbagai layanan pendukungnya.

Komplek ini akan mengedepankan desain green building yang akan berdiri sebanyak dua lantai. Nantinya, Astra biz Center-IKN akan dilengkapi dengan pencahayaan alami, material ramah lingkungan, serta peralatan hemat energi yang memerhatikan aspek keberlanjutan dan lingkungan yang memaksimalkan perpaduan penghijauan.

“Astra Biz Center-IKN juga fokus pada pedestrian-oriented yang desainnya mengutamakan kenyamanan pejalan kaki dengan desain inklusif yang futuristik, menyesuaikan dengan konsep kota masa depan,” jelas dia.

Dengan hadirnya lokasi terbaru ini, akan semakin melengkapi Astra Biz Center mereka yang ketiga di Indonesia. Dua Astra Biz Center lainnya dibangun di Bandung, Jawa Barat pada tahun 2011 dan BSD, Tangerang Selatan, Banten pada tahun 2017.

Dalam kegiatan peletakan batu pertama ini, turut dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Otorita Ibu Kota Nusantara, Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan Konsorsium Nusantara, Direktur Astra Rudy serta Eksekutif Grup Astra.

Dalam kesempatan yang berbeda, dukungan Astra dalam pembangunan IKN juga terlihat di dunia pendidikan. Melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim juga tengah merevitalisasi Sekolah Dasar Negeri 020 Sepaku, di Kabupaten Penajam Paser Utara, sebagai rangkaian pembangunan sarana dan prasarana publik, area komersial, dan Infrastruktur IKN.

Dalam hal ini, Astra telah membina 11 sekolah dasar dan dua sekolah SMK di kawasan IKN dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan murid berkualitas.

Sebagai bagian dari Konsorsium Nusantara, Astra juga turut terlibat dalam pembangunan Nusantara Botanical Garden oleh Konsorsium Nusantara dengan prosesi groundbreaking yang juga dilaksanakan di hari yang sama.

Baca juga: Apresiasi Astra Infra untuk 6,6 juta pemudik

Baca juga: Fokus garap pasar Asia, Toyota hadirkan perusahaan baru TMA

Baca juga: Pangsa pasar Toyota tumbuh meski pasar otomotif lesu

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024