Jakarta (ANTARA News) - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali digelar pada 2 - 12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, yang diharapkan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johannes Nangoi, mengatakan terdapat dua agenda penting pada GIIAS 2018, deklarasi bahan bakar berstandar EURO 4 dan peluncuran Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes), sehingga ia berharap Presiden Joko Widodo akan membuka pameran itu.

"GIIAS kali ini akan sedikit lebih istimewa dari sebelumnya karena kami punya rencana, mudah-mudahan berjalan baik, mudah-mudahan Bapak Presiden RI Joko Widodo berkenan membuka acara kami," kata Johannes Nangoi di Jakarta, Selasa.

"Akan ada dua event utama, Indonesia memasuki era EURO 4. Jadi akan ada deklarasi EURO 4 sesuai dengan keinginan pemerintah sejalan adanya Asian Games," katanya.

Baca juga: GIIAS 2018 akan tampilkan 40 kendaraan terbaru

"Kedua, rencana meluncurkan alat AMMDes...yang mudah-mudahan pada saatnya nanti sudah siap, dan pada peluncurannya akan dilakukan oleh Menteri Perindustrian dan Presiden RI.

GIIAS 2018 akan diikuti 25 agen pemegang merek (APM) kendaraan roda empat di Indonesia antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta kendaraan niaga dari FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Menurut Ketua Penyelenggara GIIAS 2018, Rizwan Alamsjah, akan ada 40 kendaraan baru dan kendaraan konsep yang akan meluncur pada pameran itu.

Baca juga: Standar EURO 4 dimulai Oktober, bagaimana nasib mobil yang sudah beredar?

Baca juga: Gaikindo optimistis 1,1 juta mobil terjual di tahun politik

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018