Jakarta (ANTARA News) - Pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 segera digelar di ICE, BSD City, Tangerang, pada 2-12 Agustus mendatang, dan sebanyak 37 jenama mobil dan sepeda motor telah memastikan diri ambil bagian di ajang tersebut.

Dari jumlah tersebut, 27 di antaranya merupakan jenama mobil, sisanya sepeda motor.

"Untuk GIIAS 2018 ini sudah ada 27 brand yang konfirmasi, 21 brand kendaraan penumpang dan enam brand kendaraan komersial," kata Ketua Panitia Penyelenggara GIIAS 2018, Rizwan Alamsjah, dalam konferensi pers praacara di Jakarta, Selasa.

Dari ke-27 jenama mobil tersebut, jenama-jenama Negeri Sakura tetap mendominasi kepesertaan GIIAS 2018 dengan kehadiran 14 merek, yakni Daihatsu, Datsun, Mitsubishi Fuso, Hino, Honda, Isuzu, Astra Isuzu, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota dan UD Trucks.

Selanjutnya merek-merek asal deretan Eropa, diwakili tujuh jenama yakni Audi, BMW, Mercedes-Benz, MINI, Porsche, Renault dan Volkswagen.

Jenama China diwakili Dongfeng Sokon (DFSK), FAW dan Wuling, sedangkan Amerika Serikat, India dan Korea Selatan hanya diwakili satu jenama yakni secara berurutan Chevrolet, Tata Motors dan Hyundai.

Menariknya, Mercedes-Benz yang beberapa bulan lalu didepak dari keanggotaan Gaikindo masih ambil bagian sedangkan jenama Korsel, Kia, hingga saat ini belum dipastikan ikut GIIAS 2018.

Sementara itu, para jenama sepeda motor yang ikut GIIAS 2018 adalah Benelli, BMW Motorrad, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki dan Viar.

Baca juga: Gaikindo manfaatkan GIIAS 2018 deklarasi Euro4

Baca juga: GIIAS 2018 hadirkan inspirasi "Beyond Mobility"

Baca juga: GIIAS 2018 bertekad jadi inspirasi pengetahuan otomotif publik


Projects Director Seven Event Agus Riyadi mengungkapkan angka peserta tersebut belum jumlah akhir, sebab masih terbuka kemungkinan bagi jenama lain yang ingin ikut ambil bagian.

Terlebih, GIIAS 2018 sebagaimana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya menyediakan insentif bagi jenama peserta yang mengeluarkan produk world premier ataupun memboyong mobil konsep di ajang tersebut.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018