Beirut (ANTARA News) - Lebanon menjadi tuan rumah rally mobil klasik khusus wanita pertama pada Minggu, yang diikuti 28 pembalap wanita dari berbagai negara, termasuk dari Prancis, Inggris, China dan Aljazair, pada acara bertajuk Rallye des Graces yang digelar selama dua hari.

Mereka berangkat pada Sabtu (19/5) dari Automobile Touring Club di Lebanon menuju sebuah lokasi tepi pantai di Kislik, Beirut Utara. Rombongan itu berkeliling negeri ke arah timur dataran Bekaa di sepanjang perbatasan Suriah.

Chahrazad Rizk selaku penyelenggara mengatakan kepada AFP bahwa ia ingin menggelar acara itu di Lebanon setelah sukses menghelat acara serupa di Swiss.

"Idenya adalah mengorganisir rally wanita di setiap negara Timur Tengah yang berbeda," kata Isabelle Labrousse, seorang pengemudi wanita yang melakukan kunjungan pertamanya ke Lebanon demi acara tersebut, dilansir AFP.

Baca juga: Menengok mobil-mobil legendaris Mitsubishi di Okazaki

Setelah meninggalkan Kislik, mobil-mobil itu diparkir sebentar di pelabuhan kuno Byblos.

"Saya sangat senang berpartisipasi dalam acara ini, itu ajaib," kata Rima Lucas, seorang pengemudi asal Lebanon yang berpose di belakang Porsche merah tua.

Laurence Boule, pada kunjungan pertamanya ke Lebanon, mengatakan dia senang dengan "pemandangan menghabiskan hari di mobil-mobil tua yang indah ini... bersama wanita dari seluruh dunia".

Namun dia mengatakan, kondisi jalan di Lebanon cukup keras dan kurangnya rambu-rambu jalan sehingga cukup menyulitkan selama perjalanan, demikian AFP.

Baca juga: Taxi Cab 1931 hingga Chevrolet truk 1942 di Parade Mobil Klasik IIMS
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018