Jakarta (ANTARA News) - Bentley Motors mengumumkan dimulainya pembangunan parkiran mobil yang dinaungi sedikitnya 10.000 panel tenaga surya terbesar, di pabrik pusat mereka di Crewe, Inggris.

Keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan pemasangan 10.000 panel tenaga surya itu bakal menghasilkan listrik setara 2,7 megawatt dan membutuhkan waktu enam bulan lamanya untuk rampung.

Parkiran bertenaga surya itu menambah sistem energi di markas Bentley, menjadi seluruhnya 30.815 panel tenaga surya, meliputi 20.815 panel surya yang disematkan di atap pabrik pada 2013.

"Kami terus fokus pada beragam inisiatif baru untuk menyegarkan komitmen kami terhadap lingkungan, baik itu dengan mengenalkan teknologi mesin alternatif untuk model-model mendatang, maupun inisiatif ramah lingkungan kami di pabrik," kata Peter Bosch, anggota Dewan Pabrik Bentley.

"Penyematan panel surya ini contoh lain bahwa kami bisa membuat pabrik menjadi lebih berkelanjutan lewat inovasi teknologi," ujarnya menambahkan.

Parkiran beratap panel surya itu mampu menampung 1.378 unit mobil di area seluas 16.426 meter persegi dan pemasangan serta pengoperasionalannya akan digarap oleh FlexiSolar, salah satu spesialis inovasi parkiran berpanel surya.

Baca juga: China uji coba jalan tol penghasil tenaga surya

Baca juga: Warga pesisir Kowane Selatan nikmati listrik tenaga surya

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018