Paris (ANTARA News) – Jumlah mobil baru yang terjual di Eropa melampaui angka 15 juta unit untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir pada 2017, menurut badan industri Uni Eropa melalui data yang diterbitkan Rabu (17/1).

Registrasi mobil baru meningkat untuk tahun keempat secara berturut-turut, naik 3,4 persen menjadi 15,1 juta unit pada tahun lalu, menurut Asosiasi Pemburat Mobil Eropa (Association des Constructeurs Europeens d'Automobiles/ACEA) dalam sebuah pernyataan.

Terakhir kali jumlah penjualan melampaui angka itu adalah pada 2007, ketika tercatat sebanyak 15,9 juta mobil baru didaftarkan.

Menyusul krisis ekonomi global pada 2008, penjualan mobil baru turun menjadi 11,8 juta pada 2013, namun mengalami rebound dalam beberapa tahun terakhir.

Kenaikan terkuat dalam penjualan terjadi di Italia dan Spanyol, tempat registrasi baru meningkat 7,9 persen dan 7,7 persen secara berturut-turut.

Penjualan naik 4,7 persen di Prancis dan 2,7 persen di Jerman, menurut perhitungan ACEA.

Sebaliknya, penjualan mobil baru merosot 5,7 persen di Inggris yang menjadi penurunan pertama dalam enam tahun terakhir, saat negara tersebut tengah bergulat dengan keputusan untuk keluar dari Uni Eropa, demikian AFP.
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018