Surabaya (ANTARA News) - Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan pihaknya berharap bisa mempertahankan pangsa pasar (market share) sebesar 35 persen penjualan mobil nasional hingga akhir tahun 2017.

Pada periode Januari hingga Oktober 2017, Toyota Astra Motor berhasil menjual sebanyak 318.788 unit kendaraan dengan market share 35,49 persen. Pada tahun lalu Toyota Astra Motor berhasil mencatatkan market share sebesar 36,5 persen.

"Sampai Oktober market share-nya 35 persen secara whole sales. Jadi harapan kami sampai akhir tahun ini bisa pertahankan di angka 35 persen market share," kata Henry Tanoto kepada wartawan seusai peluncuran Toyota Eco Galery di SMA Negeri 9 Surabaya, Rabu (15/11).

Henry menjelaskan penjualan Toyota masih akan didominasi kendaraan penumpang serbaguna antara lain Toyota Avanza, Calya dan Kijang Innova.

Ia pun memperkirakan angka penjualan mobil nasional akan flat seperti tahun lalu sebanyak 1,06 juta unit.

"Kenapa flat? Pertama karena pertumbuhan ekonomi kita sama 5 persen jadi pertumbuhan otomotif kemungkinan flat. Kedua, secara umum pelayanan finansial yang mendukung otomotif pada tahun ini lebih berhati-hati sehingga mempengaruhi total market otomotif," katanya.

Di sisi lain, Toyota mencatatkan penjualan yang turun-naik pada periode Januari-Oktober 2017. Pada bulan pertama 2017, penjualan Toyota dibuka di angka 32.377 unit namun pada Oktober menurun menjadi 29.938 unit menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Market memang naik-turun," kata Henry. "Intinya masih hal yang normal jika mencapai market share 35 persen. Kita lihat November dan Desember seperti apa."

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017