Jakarta (ANTARA News) - Pengguna Hyundai adalah pemilik mobil paling bahagia di Australia, menurut Indeks Kepuasan Penjualan J.D. Power Australia.

Hyundai mendapat posisi teratas dalam indeks kepuasan pelanggan, sebuah survei independen terhadap pembeli mobil baru. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengumpulkan 827 poin dari 1.000 dalam survei yang dilakukan dari Januari hingga Juni tahun ini.

Survei tersebut mengumpulkan tanggapan dari 2.779 pembeli mobil baru dari periode Juni 2016 sampai Juni 2017.

Hyundai mengalahkan produsen mobil asal Korea Selatan lainnya Kia, yang mencetak 824 poin, sementara produsen otomotif lokal Holden di posisi ketiga dengan 823 poin.

Studi tersebut mengungkap sejumlah temuan menarik. Pembeli SUV baru biasanya kurang bahagia dibandingkan pembeli kendaraan penumpang tradisional.

Pembeli SUV mencatatkan peringkat kepuasan rata-rata 811 poin, lima poin di bawah rata-rata pasar massal. Sementara pembeli kendaraan penumpang tradisional menorehkan kepuasan 819 poin, tiga poin di atas rata-rata.

"Australia sekarang menjadi pasar mobil impor dan SUV terus mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan secara substansial," kata Senior Country Manager di J.D. Power Loi Truong.

Mazda, yang menempati posisi teratas tahun lalu, turun ke posisi tujuh pada 2017 dengan skor 813, tiga poin di bawah rata-rata pasar massal, demikian Car Advice.

Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2017