Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi baru-baru ini meresmikan pabrik terbaru mereka di Cikarang, Bekasi, yang merupakan patungan antara Mitsubishi Motors Corporation dengan PT Krama Yudha Tiga Berlian dan akan dikelola oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia.

Sejauh ini, pabrik yang peresmiannya dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut baru dioperasikan untuk memproduksi tiga jenis mobil saja, yakni Pajero Sport, L300 dan sebuah mobil Low MPV yang baru akan mereka perkenalkan resmi pada semester kedua 2017 nanti.

(Baca: Pesan Presiden Jokowi saat resmikan pabrik Mitsubishi Cikarang)

Saat ditanya apakah pihak Mitsubishi berniat menambah jenis mobil yang akan diproduksi di pabrik baru tersebut, Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengaku belum ada rencana tersebut.

"Yang kami persiapkan sejauh ini baru tiga produk itu saja," kata Irwan singkat saat ditanya awak media di sela-sela peresmian diler khusus kendaraan penumpang Mitsubishi terbaru di Depok, Rabu (3/5) lalu.

Meski demikian, tentu tidak tertutup kemungkinan Mitsubishi untuk melokalisasi perakitan produk-produk mereka untuk pasar Indonesia mengingat kapasitas total pabrik tersebut mencapai 240.000 unit per tahun.

Sementara saat ini operasional pabrik tersebut baru dialokasikan untuk 80.000 unit Low MPV, 30.000 unit Pajero Sport dan 30.000 unit L300.

Jika dilihat dari data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), masih sulit bagi Mitsubishi untuk menentukan model lain yang ingin diproduksi di pabrik baru.

Mengingat untuk sebuah model bisa diproduksi maupun dirakit lokal setidaknya bisa mempenetrasi pasar di kisaran empat digit unit per bulan, sedangkan model yang bisa mencapai itu baru Pajero Sport semata.

Data Gaikindo menunjukkan di kuartal pertama 2017, model Mitsubishi lainnya seperti New Mirage baru di kisaran ratusan 100 unit per bulan, demikian juga Outlander Sport dan Delica.

(Baca: Pajero Sport Ultimate dirakit di Indonesia, pembeli bisa dapat unit lebih cepat)
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017