Jakarta (ANTARA News) - PT UD Trucks Indonesia menggandeng PT Tjahja Sakti Motor dan PT Gaya Motor meresmikan fasilitas perakitan truk mereka di pabrik yang berada di Jalan Gaya Motor III Sunter 2, Jakarta Utara, Selasa.

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan sirine, penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Yan Sibarang Tandiele, Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Gaya Motor Ary Mariano dan Senior Vice President UD Trucks Asia & JVs Jacques Michel.

Kehadiran fasilitas perakitan itu disebut sebagai bentuk komitmen UD Trucks dalam memperkuat kehadirannya kepada para pelanggan di Indonesia, sejak lebih dari 35 tahun saat masih menggunakan merek dagang Nissan Diesel.

"Pembukaan fasilitas ini merupakan upaya berkelanjutan UD Trucks terhadap pasar Indonesia setelah peluncuran Quester di Indonesian Mining Expo 2013 lalu," kata Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard.

Fasilitas tersebut ditujukan untuk merakit truk model Quester yang tersedia dalam tak kurang dari 10 tipe target produksi di tahap awal 200 unit per bulan.

Meski demikian fasilitas yang menelan sekira 3 juta dolar AS tersebut memiliki kapasitas perakitan yang bisa mencapai 400 unit per bulan dalam titik optimal.

Guna memenuhi standar dan spesifikasi proses perakitan UD Trucks, PT Gaya Motor selaku perakit resmi bukan sekadar menambah jumlah pekerja tetapi juga berinvestasi untuk peralatan serta pelatihan.

"Kami juga telah melakukan pelatihan baik di dalam maupun di luar negeri dengan harapan bisa berkontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas SDM di Indonesia," kata Presiden Direktur Gaya Motor Ary Mariano.

Sementara itu Kemenperin menyambut baik langkah UD Trucks yang melakukan perakitan di Indonesia dengan harapan dapat menjadi percontohan bagi merek-merek lain untuk menanamkan modal di Indonesia.

"Ini bisa menjadi role model bagi merek lain untuk melakukan investasi di Indonesia sekaligus menjadi indikasi kepercayaan terhadap membaiknya iklim usaha di Indonesia semakin meningkat," kata Yan.

Sebelum meresmikan fasilitas perakitan, UD Trucks juga menghadirkan fasilitas distribusi suku cadang di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 2014 lalu.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016