Jakarta (ANTARA) - UD Trucks akan meluncurkan truk baru, seri Quester berstandar emisi Euro 4, guna menyongsong kebijakan emisi Euro 4 yang mulai diterapkan April 2022 di Indonesia.

Perusahaan truk itu menyatakan bahwa Quester baru yang akan mereka pasarkan pada semester pertama 2022 akan mengutamakan aspek lingkungan, efisiensi dan waktu kerja, profitabilitas, dan Total Cost of Ownership (TCO).

"Seluruh dunia sedang berubah. Solusi yang berkelanjutan menjadi tujuan yang sangat penting, termasuk di Indonesia. Kami di UD Trucks berkomitmen untuk turut menyukseskan program pemerintah dalam menyediakan kendaraan komersial yang ramah lingkungan sehingga rakyat Indonesia dapat menikmati udara yang bersih dan sehat," kata Vice President UD Trucks Indonesia, Aloysius Chrisnoadhi, dalam siaran pers, Sabtu.

Baca juga: Empat amunisi UD Trucks bidik sektor logistik Indonesia

Penerapan Euro 4 untuk kendaraan komersial juga sejalan dengan tujuan UD Trucks yang mendorong integrasi keberlanjutan di semua proses dan operasional perusahaan sehingga dapat menurunkan dampak lingkungan serta menaikkan kepuasan pelanggan.

Menurut Global Energy Review 2021 dari International Energy Agency (IEA) emisi karbon global diperkirakan akan meningkat sebesar 4,8 persen setelah pandemi COVID-19. Hal itu menjadi peningkatan terbesar dalam 10 tahun terakhir. Adapun Emisi sektor transportasi juga beresiko meningkatkan emisi global lebih dari 1,5 persen.

Dengan demikian, UD Trucks berpendapat bahwa aturan emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel dari aturan Euro 2, dapat mengurangi emisi NOx sebesar 65 persen sehingga mampu mengurangi jejak karbon secara signifikan.

UD Trucks juga mempersiapkan jaringan after sales service yang dilengkapi pelatihan intensif kepada para teknisi. Tidak ketinggalan, mereka juga memperkuat jaringan distribusi suku cadang dan sarana pendukung lainnya untuk mendorong penerapan Euro 4.

"Peluncuran truk Euro 4 menjadi fokus utama UD Trucks saat ini, selain menguatkan komitmen 'Better Life' dari UD Trucks, truk baru kami juga akan menjadi contoh dukungan kami kepada para pelanggan untuk memastikan operasi mereka tetap optimal bahkan lebih baik dari sebelumnya," kata dia.

Baca juga: Astra UD Trucks buka program "Extra Quester dan Kuzer"

Baca juga: UD Trucks perpanjang masa garansi dan servis gratis

Baca juga: Astra UD Trucks buka layanan purna jual di tiga marketplace
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021