Tangerang (ANTARA News) - Ada pemandangan berbeda di anjungan agen tunggal pemegang merek Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam pameran Gaikindo di ICE BSD City, Tangerang, 11-21 Agustus 2016, yakni kehadiran sebuah Suzuki Jimny LJ-80Q Canvas.

Mobil keluaran 1981 itu adalah milik Fajar Kurniawan, salah satu anggota komunitas Suzuki Jip Indonesia dari Semarang, yang usut punya usut adalah mobil mahar pernikahan yang diprasyaratkan oleh mertuanya pada 2012 lalu.

"Jadi sebetulnya mobil itu adalah mobil istri saya, mobil pertama yang dibelikan mertua saya untuk istri saya dulu. Waktu saya menyampaikan niat melamar istri saya, calon mertua saya meminta maharnya adalah saya merestorasi mobil Suzuki Jimny LJ-80Q Canvas itu," kata pria yang akrab disapa Wawan itu di sela pameran.

Maka berjibakulah Wawan, yang di Semarang memiliki usaha bengkel dan jasa cuci mobil-mobil offroad itu, untuk merestorasi mobil tersebut hingga memakan waktu tak kurang dari 4,5 bulan lamanya. Setelah berhasil maka tercapailah pula upaya Wawan memperistri perempuan pujaan hati yang dikenalnya berkat kesamaan hobi terhadap Suzuki Jimny itu.

Oleh karena itu, meski mobil Suzuki Jimny LJ-80Q Canvas miliknya itu tak jarang mendatangkan tawaran dari kalangan sesama pehobi, Wawan bertekad tak akan pernah menjualnya.

"Saya tidak akan jual, kalau saya jual bisa cerai kali ya," tutur Wawn separuh berkelakar.

Wawan mengaku tak menghitung berapa banyak biayanya untuk merestorasi mobil tersebut, namun menyebutkan bahwa pengerjaan lantai mobil menjadi tahap yang paling lama dilakoninya, sebab ia kesulitan mencari contoh lantai mobil Suzuki Jimny LJ-80Q Canvas yang valid hingga memakan waktu dua pekan.

Selain unit yang diboyong ke Jakarta untuk dipajang di anjungan Suzuki, Wawan masih memiliki satu unit Jimny LJ-80 yang dikoleksinya.

Kecintaan Wawan terhadap Jimny bahkan mewujud hingga ia menamai anaknya dengan nama Jimny.

"Saya sampai kasih nama anak saya Jimny. Harapannya supaya anak saya tangguh, lincah, berguna buat siapa saja dan tentu saja irit, seperti Jimny," kata Wawan.

"Sepanjang pengalaman saya memilikinya, Jimny tidak pernah menyulitkan saya," ujarnya menambahkan.

Selain Jimny LJ-80Q Canvas milik Wawan, Suzuki juga memajang model teranyar lini tersebut Jimny Wide yang telah dijual global dan bakal masuk ke pasar Indonesia meski pihak SIS bersikeras untuk menyimpan rapat-rapat tanggal pasti peluncurannya.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016