Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) menampikan delapan unit kendaraan modifikasi pada pameran Gaikindo 2016, salah satunya adalah Toyota Veloz Tigre.

Tigre berasal dari bahasa Italia yang berarti harimau sehingga konsep modifikasi Veloz Tigre mengacu pada model wajah harimau yang sedang marah dipadukan dengan aura atletis bagaikan atlet.

Mifta Farid Sah Putra, anggota tim Product Planning dan Development Division Toyota Astra Motor, mengatakan bahwa pada bagian depan Veloz Tigre diberikan warna merah untuk menggambarkan mulut harimau usai menyantap mangsanya.

"Ibarat harimau habis menangkap mangsa maka ada warna merah darah di mulutnya. Makanya kami kasih warna merah biar ada efek dramatis," kata Mifta di ruang pamer Toyota, Selasa.

Mifta menjelaskan Product Planning dan Development Division TAM memilih Veloz untuk dimodifikasi secara signifikan karena tertantang untuk mengubah kesan sporty Veloz menjadi unit Veloz yang terlihat tangguh.

"Veloz itu unik dan kami ingin memberikan kesan tangguh. Veloz itu kesannya sporty dan kami arahkan ke sisi yang tangguh, ternyata bisa," kata Mifta.

Soal bagaimana mendesainnya, Mifta mengatakan, "Garis-garis Veloz itu sudah nyambung dan sudah menunjukkan sisi tegas seperti harimau itu."

Veloz Tigre yang menggunakan velg R16 mengkombinasikan warna sonic titanium pada body dan red mica crytal pada bumper depan menggunakan cat dari Lexus. Terdapat juga kombinasi proyektor lampu utama berwarna hitam dengan grille diubah menjadi warna hitam piano untuk memberikan kesan gagah.

Pada bagian belakang, modifikasi dilakukan pada spoiler roof, garnis pintu belakang, bemper belakang serta cover taillamp warna hitam.

Mifta mengatakan Veloz Tigre dirancang anak muda Indonesia. Mereka memerlukan waktu enam bulan untuk mendesain dengan mempertimbangkan masukan dari masyarakat sejak pameran Gaikindo tahun lalu yang menampilkan mobil modifikasi Yaris Heykers, Yaris Legian dan Agya Kojo.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016