Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 30 merek diproyeksikan akan tampil pada penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, pada 7-17 April 2016.

Hingga saat ini, terdapat 18 merek mobil dan delapan merek motor yang sudah dipastikan hadir.

"Bulan ini sangat tepat untuk pameran di Indonesia. Saya percaya IIMS akan membawa kontribusi besar bagi industri otomotif kita," kata Komisaris independen Dyandra Promosindo Bambang Trisulo yang juga mantan Ketua Umum Gaikindo itu, di Jakarta, Selasa.

Untuk pertama kalinya, IIMS digelar pada semester satu yakni di bulan April yang biasanya pameran tahunan itu berlangsung pada bulan Agustus. 

"Ini tantangan yang besar bagi kami, ada deg-degannya. Tetapi sejak awal kami mendukung industri otomotif, kalau ngotot digelar pada semester dua nanti bareng lagi (dengan pameran otomotif GIIAS)," ujar Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

Hendra mengatakan, IIMS 2016 ingin menjadi momentum bagi produsen untuk menutupi defisit penjualan pada triwulan pertama. Sejak awal tahun 2016, pasar otomotif masih lesu dimana target penjualan tidak sesuai yang diharapkan.

Total angka penjualan mobil pada Januari mencapai 84.885 unit. Turun 9,9 persen dibandingkan periode sama pada 2015. Hal sama dialami pemain roda doa. Realisasi penjualan sepeda motor pada Januari 2016 hanya 416.263 unit, terjun 17,2 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencatatkan angka 502.783 unit.

Menurut Hendra, triwulan kedua sepanjang April, Mei, dan Juni diprediksi bakal menjadi periode emas otomotif nasional berkaitan dengan hari raya Idul Fitri pada bulan Juli.

"Pada bulan April ternyata banyak dijadikan teman-teman agen pemegang merek (APM) sebagai trigger kebangkitan karena kondisi pasar otomotif mengalami penurunan," jelas Hendra.

"Rata-rata produsen memang mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan di semester satu tahun ini. Semuanya akan bermain total untuk mencetak goal masing-masing. Tugas kami menyiapkan venue yang representative," tambahnya.

Ia menambahkan APM menjadikan IIMS kali ini sebagai ajang untuk menjual produk. Sedangkan sjumlah APM akan meluncurkan produk teranyarnya.

Sejumlah merek yang akan hadir antara lain Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Toyota, Audi, BMW, Garasindo (Chrysler, Dodge, Jeep, dan Fiat), Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen.

Untuk sepeda motor, Garasindo hadir dengan brand Ducati, Peugeot Scooters, Italjet dan Zero Motorcycle, kemudian terdapat juga BMW Motorrad, Honda, Yamaha, serta pendatang baru Royal Einfield.

Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara optimistis dapat mencapai target pengunjung sekitar 380.000. Berbagai sarana pengunjung telah disiapkan, termasuk fasilitas transportasi shuttle bus gratis dari 14 titik strategis di Jabodetabek.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016