San Fransisco (ANTARA News) - Honda Motor Co Ltd mendapat izin dari negara bagian California, Amerika Serikat, untuk menguji kendaraan kendali otomatis di jalan umum, bergabung dengan perusahaan-perusahaan seperti Google Inc dan Volkswagen AG dalam pengujian teknologi yang sedang berkembang tersebut.

Departemen Kendaraan Bermotor California dalam situs resminya mencantumkan Honda dalam daftar 10 perusahaan terbaru yang telah menerima izin uji kendaraan kemudi otomatis pada Jumat.

Perusahaan lain yang telah mendapat persetujuan termasuk Daimler AG Mercedes Benz, Tesla Motors Inc, Nissan Motor Co Ltd dan BMW AG.

Honda, yang sedang mengaplikasikan sistem bantuan pengemudi canggih pada mobil Honda dan Acura, adalah satu dari sekian banyak produsen mobil yang menginvestasikan teknologi kemudi otomatis.

Beberapa perusahaan seperti Tesla dan BMW telah menawarkan fitur semi otomatis.

Produsen mobil asal Jepang itu telah memiliki fasilitas pengujian kendaraan otonom yang aman di Concord, California, di mana mobil dapat diuji sebelum pengujian di jalan umum.

California adalah satu dari beberapa negara bagian, termasuk Michigan, Florida dan Nevada, yang telah mengeluarkan undang-undang yang memungkinkan pengujian mobil kendali otomatis di jalan umum.

Google serta produsen dan pemasok otomotif lain mengatakan teknologi untuk merancang mobil kendali otomatis akan siap pada 2020, demikian Reuters.

Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2015