Jakarta (ANTARA) - Honda telah menjalankan program pengujian kendaraan otonom yang dilakukan pada awal September, yang berlokasi di Kota Utsunomiya dan Kota Haga, Prefektur Tochigi.

Menurut keterangan resmi yang diberikan Honda, Kamis, bisnis layanan mobilitas itu menurut rencana akan bekerja sama dengan perusahaan otomotif besar lainnya seperti Cruise dan General Motors.

Dalam hal pengujiannya, Honda telah mempersiapkan jalur yang sudah dipetakan dengan dengan definisi tinggi menggunakan kendaraan khusus untuk pemetaan.

Baca juga: Ford, Lyft dan Argo AI bersatu bikin kendaraan otonom

Jika semua persiapan sudah memenuhi dan siap, maka kendaraan otonom Cruise AV, akan mulai dikendarai di jalan umum pada tahun 2022 mendatang untuk mengembangkan dan menguji kendaraan otonom yang disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas serta undang-undang dan peraturan terkait di Jepang.

Dalam hal ini, Honda dan Cruise akan bersama-sama mengerjakan program pengujian dan juga akan dilakukan di lokasi uji operasi baru yang akan didirikan di dalam fasilitas Honda di Prefektur Tochigi.

Di masa yang akan datang, Honda bertujuan untuk meluncurkan bisnis kendaraan otonom (MaaS) di Jepang menggunakan Cruise Origin, kendaraan yang dikembangkan bersama oleh Honda, Cruise dan General Motors, khusus untuk bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom.

Honda Mobility Solutions Co., Ltd., anak perusahaan Honda untuk bisnis MaaS, akan menjadi operator bisnis tersebut di Jepang dan Honda juga akan terus berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat dengan menawarkan kepada pelanggannya kegembiraan dalam mengembangkan potensi hidup mereka melalui bisnis kendaraan otonom MaaS.

Baca juga: Honda kembangkan Cruise Origin, pengujian mulai tahun ini

Baca juga: Cruise swakemudi dapat kucuran Rp16,4 triliun

Baca juga: Serangan balik Ford dalam perselisihan "Cruise" dengan GM

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021