Jakarta (ANTARA News) - Toyota All New Hilux yang terlahir sebagai kendaraan niaga ternyata terbukti tangguh melibas lintasan off-road serta nyaman dan aman dikendarai karena sudah menggunakan teknologi terbaru.

Antara News yang berkesempatan menjajal Toyota All New Hilux dua kabin bertransmisi manual di sirkuit off-road Pagedangan, Tangerang, Banten, Minggu, mencoba ketangguhan mobil berpenggerak roda 4x4 ini.

Kesan pertama ketika duduk di depan kemudi adalah posisi mengemudi yang pas karena jok seolah menyatu dengan punggung dan fitur tilt and telescopic steering yang bisa mengubah ketinggian posisi setir.

Suara mesin yang terdengar di dalam ruang kabin penumpang pun minim karena All New Hilux menambah lapisan peredam pada sekat pembatas antara mesin dan ruang kabin.

Tenaga yang disalurkan lewat mesin diesel 2KD-FTV dengan Variable Nozzle Turbo (VNT) pun terasa ketika pedal kopling dilepas secara langsung untuk mendapatkan akselerasi.

All New Hilux juga dilengkapi Variable Nozzle Vane yang berfungsi mengatur bukaan nozzle turbo sehingga mendapatkan tekanan yang cukup untuk memutar turbin kendati mesin masih berada di putaran rendah.

Uji berkendara di medan off-road dimulai dengan melitasi jalan bergelombang dengan kecepatan 60km per jam. Kendati tetap berguncang namun penumpang tidak terganggu karena suspensinya lembut.

Guncangan dari roda depan juga tidak naik ke setir sehingga pengemudi tetap fokus menjaga arah kendaraan.

Fungsi ABS pun sangat membantu pengemudi ketika melakukan pengereman mendadak untuk berbelok pada tikungan tajam trek off road.

Jika Hilux sebelumnya mode 4x4 diaktifkan menggunakan tuas tambahan di sisi tuas persneling, pada All New Hilux cukup memutar tombol yang terletak di sisi kiri bawah setir.

Engine break All New Hilux juga mampu menahan laju kendaraan ketika menuruni tebing dengan kemiringan 35 derajat.

Ketika masuk ke transmisi terendah (gigi satu mode L), kendaraan ini juga mampu menanjak tebing dengan kemiringan 35 derajat tanpa perlu digenjot pedal gas.

Fungsi rear differential lock 4x4 yang diaktifkan dengan menekan tombol untuk menghidupkan sensor sangat membantu ketika All New Hilux melintasi rintangan bergelombang yang terjal.

Ketika melintasi trek off road sebagai penumpang di kabin kedua, guncangan yang terasa tidak terlalu keras dibantu sabuk pengaman sehingga penumpang tetap pada posisinya ketika melintasi medan berat.

Interior SUV
Kendati All New Hilux merupakan kendaraan dari segmen niaga, namun pihak Toyota mengutamakan fitur dan tampilan interior layaknya kendaraan SUV.

Pada dashboard yang terlihat lebih lapang dari tipe sebelumnya, All New Hilux tipe tertinggi dilengkapi audio layar sentuh serta setir berlapis kulit dengan beberapa tombol untuk fungsi audio.

Panel instrumen dengan multi information display dan sejumlah tombol penggerak roda juga disematkan pada dashboard sehingga berkendara menjadi lebih praktis.

Desain jok juga lebih mewah dengan balutan kain tebal warna cokelat tua yang menyatu dengan ornamen interior lainnya.

Mobil niaga umumnya memiliki tuas persneling yang panjang, namun pada
All New Hilux tipe manual tuas persneling dibuat lebih pendek dan pas dengan jangkauan tangan.

Layaknya mobil penumpang, All New Hilux dilengkapi fitur keselamatan optimal di antaranya ABS, EBD, SRS airbag (pengemudi dan penumpang), Vehicle Stability Control untuk grade V.

Pangsa pasar
Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo, menjelaskan Toyota Hilux banyak digunakan di sektor industri perkebunan, pertambangan, dan logistik.

Hilux tipe satu kabin dengan pangsa pasar 50 persen di kelas pick-up banyak digunakan sebagai kendaraan angkut logistik di Pulau Jawa.

Adapun Toyota Hilux dua kabin dengan pangsa pasar 35 persen banyak digunakan untuk sektor pertambangan dan perkebunan di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Kehadiran All New Hilux dengan kenyamanan dan ketangguhan yang ditawarkan membuat Toyota yakin mampu memberikan pilihan terbaik sebagai kendaraan bisnis, operasional, keluarga, maupun kalangan pehobi off-road.

"Jadi mobil ini tidak hanya untuk memantau perkebunan atau pertambangan, namun sudah bisa digunakan untuk transportasi ke mall bersama keluarga," kata Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo di sirkuit off-road Pagedangan, Tangerang, Banten, Minggu.

Pada data penjualan semester pertama 2015, Toyota Hilux sudah terjual sebanyak 3.641 unit dengan komposisi 2.224 unit Hilux satu kabin dan 1.417 unit Hilux dua kabin.

Toyota pun berharap All New Hilux mampu laku 1.000 unit per bulan.

"Kami berharap tidak jauh berbeda dengan (Hilux) yang lalu sekitar 1.000 unit per bulan. Kami juga ada tipe ekstra kabin sehingga menambah untuk pilihan konsumen," kata Rahmat Samulo
Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015