Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah kendaraan taktis tempur milik TNI Angkatan Darat disiagakan di area terbuka JIExpo Kemayoran, Jakarta, tempat berlangsungnya pameran otomotif akbar Indonesia International Motor Show.

Sebanyak sembilan unit kendaraan tempur dipajang di IIMS Military Zone selama pameran berlangsung 19-30 Agustus 2015.

Di anjungan militer itu terdapat dua unit kendaraan taktis antiranjau Bushmaster, dua Tank Leopard dan dua Tank Scorpion, sebuah unit motor militer Royal Enfield Classic 500 dan dua unit kendaraan taktis buatan anak bangsa Anoa 6x6 jenis APC.

Kendaraan-kendaraan tempur tersebut berasal dari sejumlah kesatuan yang berbeda di bawah TNI AD.

Dua unit kendaraan taktis antiranjau Bushmaster buatan Australia misalnya, dimiliki oleh Komando Pasukan Khusus TNI AD dan didatangkan dari dua markas yang berbeda, yakni Mako Kopassus Cijantung Jakarta dan Kesatriaan Grup 1 Kopassus Serang, Banten.

"Yang satu dari Cijantung sini, dan yang satu lagi dari Serang," kata Sersan Satu Bambang Purnomo dari Markas Kopassus Serang yang bertugas memandu dan menjawab pertanyaan pengunjung anjungan militer itu.

Unit yang dipamerkan merupakan dua dari tiga unit Bushmaster yang dimiliki Kopassus dan baru didatangkan pada 2014 lalu.‎ Sementara itu Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) mengirimkan dua unit Tank Leopard buatan Jerman dan dua unit Tank Scorpion buatan Inggris.

Sedangkan dua unit Anoa yang ditampilkan di anjungan militer IIMS didatangkan dari Markas Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta.‎
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015