Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Rifat Sungkar mengatakan setelah melakukan inspeksi eksternal dan ruang mesin, pemudik yang berencana pulang ke kampung menggunakan mobil pribadi sebaiknya melanjutkan inspeksi ke bagian internal, tempat mereka akan menghabiskan banyak waktu selama melakukan perjalanan.

Pemeriksaan internal, menurut dia, dilakukan dengan memeriksa lantai kabin kendaraan dan memastikan tidak ada barang atau benda yang akan menggangu pergerakan kaki maupun pedal saat mengemudi.

Setelah itu, pengendara juga harus memeriksa setiap indikator mobil berada dalam kondisi yang baik.

Pemeriksaan indikator-indikator mobil dilakukan dengan memutar kunci kontak pada posisi acc, kemudian melihat ke panel indikator untuk memastikan semuanya menyala, termasuk misalnya indikator aki, rem tangan, sistem keamanan kantong udara, ESPnp dan sebagainya.

Kemudian hidupkan mesin, dan kembali melihat ke panel indikator untuk memastikan semuanya padam saat proses berlangsung.

Apabila pengendara masih menemukan ada yang menyala maupun berkedip karena itu merupakan pertanda bahwa terdapat suatu kerusakan yang sebaiknya diperiksa ke bengkel kepercayaan masing-masing.

Empat tahapan inspeksi praperjalanan itu merupakan langkah awal untuk melakukan perjalanan mudik yang aman dan nyaman menurut Rifat Sungkar.

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015