Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan-perusahaan otomotif asal Indonesia mampu membukukan transaksi sebesar 3,1 juta dolar AS pada pameran Automechanika 2015 yang diselenggarakan tanggal 2-4 Juni 2015 di Dubai World Trade Center, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

"Perusahaan-perusahaan Indonesia dalam Automechanika 2015 ini, baik yang kami fasilitasi maupun partisipasi mandiri berhasil membukukan transaksi kurang lebih sebesar 3,1 juta dolar AS," kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai, Gusmalinda Sari, dalam siaran pers yang diterima, Rabu.

ITPC Dubai yang berpartisipasi pada pameran tersebut memfasilitasi dua perusahaan asal Indonesia, yaitu PT Selatan Jadi Jaya dan PT Supreme Belting Indonesia, dengan produk VLRA Battery milik PT Selatan Jadi Jaya berhasil memperoleh transaksi sebesar 500 ribu dolar AS.

Sementara PT Supreme Belting Indonesia dengan produk belt untuk otomotif berhasil memperoleh transaksi sebesar 200 ribu dolar AS, dengan kedua hasil transaksi tersebut diperoleh dari buyer asal UEA, Arab Saudi, Iran, Libya, Irak, dan Oman.

Selain itu, terdapat empat perusahaan Indonesia yang mengikuti pameran ini secara mandiri dengan produk automotive filter, radiator, brake, spring, rubber lining dan solid tire berhasil mencatatkan transaksi dengan total sebesar 2,4 juta dolar AS.

Beberapa negara yang bertransaksi dengan perusahaan asal Indonesia tersebut antara lain adalah UAE, Pakistan, Arab Saudi, Timur Tengah, Kenya, Turki, Tiongkok, Iran, Irak, Afghanistan, Afrika Selatan, Oman, dan Bahrain.

"Kami sangat optimistis sektor ini mampu meningkatkan ekspor Indonesia ke sejumlah negara, khususnya di Timur Tengah," kata Gusmalinda.

Seperti diketahui, Automechanika 2015 merupakan pameran spare parts otomotif terbesar di Dubai yang diikuti oleh 1.889 peserta dari 59 negara.

Stan Indonesia mampu menarik 550 pengunjung dan menerima 220 inquiry selama pameran berlangsung.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015