Jakarta (ANTARA News) - Di tengah lesunya pasar otomotif baik roda empat maupun roda dua, PT Astra International Tbk yang menginduki sejumlah merek kendaraan bermotor di Indonesia, berharap tetap bisa menjaga dominasi mereka.

Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto disela temu media Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia di Jakarta, Kamis.

"Dari Pak Sudirman sebagai Ketua Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia -red) sudah mengatakan mungkin tahun ini tidak bisa mencapai 1,2 juta lagi untuk pasar otomotif roda empat, jadi nanti berkisar antara 1.050.000 hingga 1.100.000 unit.

"Dari angka itu kami berhadap tetap mendapat pangsa pasar 50 persen," kata Prijono.

Astra International saat ini memiliki beberapa anak perusahaan yang menjadi pemegang sejumlah merek kendaraan roda empat di Indonesia seperti Toyota melalui PT Toyota Astra Motor, Daihatsu lewat PT Astra Daihatsu Motor dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Selain itu di Indonesia Astra juga memegang merek kendaraan roda empat komersial UD Trucks dan kendaraan penumpang Peugeot.

Sebagai informasi menurut data Gaikindo sepanjang 2014 kelima merek yang dipegang Astra meraup ceruk pasar sebesar 51 persen, yang sayangnya mengalami penurunan dari 54 persen pada 2012 dan 53 persen pada 2013.

Sementara itu untuk pasar kendaraan roda dua, Astra menetapkan target yang lebih optimistis ketimbang target realistis di pasar kendaraan roda empat, yakni mengalami peningkatan pangsa pasar.

"Sementara sepeda motor kami berharap pangsa pasarnya bisa 68-69 persen," kata Prijono.

Angka tersebut berarti Astra harus meraup sedikitnya lima persen pangsa pasar tambahan mengingat mereka pada tahun 2014 memiliki 64 persen ceruk pasar.

Performa Astra di pasar kendaraan roda dua lewat merek Honda yang dimiliki PT Astra Honda Motor memang patut mendapat sambutan optimisme mengingat di tiga tahun terakhir terus memperlihatkan peningkatan pangsa pasar yang stabil sebanyak tiga persen tiap tahunnya.

Pada 2012 AHM menguasai 58 persen pasar kendaraan roda dua, yang kemudian naik menjadi 61 persen pada 2013 dan kembali meningkat menjadi 64 persen tahun lalu.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015