Jakarta (ANTARA News) - CEO Astra Credit Companies (ACC) Jodjana Jody mengingatkan konsumen agar cerdas dalam memilih perusahaan pembiayaan untuk memfasilitasi pembelian kendaraan secara kredit.

"Jangan tergiur pada bunga rendah," katanya, di Jakarta, Senin, menanggapi maraknya fasilitas pembiayaan kendaraan dengan penawaran bunga yang rendah. Ia mengatakan konsumen yang cerdas tidak melihat bunga semata sebagai faktor memilih perusahaan pembiayaan.

Menurut dia, konsumen juga perlu melihat fasilitas lain seperti asuransi yang fleksiable, serta biaya administrasi dan provisi, serta di samping kemudahan layanan lainnya.

"Di ACC kami membolehkan pelanggan yang ingin menyelesaikan angsurannya lebih cepat, tanpa kena biaya tambahan lagi. Jadi lebih fleksiable," kata Jodjana. Ia mengatakan ada 10 alasan, kenapa konsumen sebaiknya ke ACC, yang bisa menjadi pertimbangan untuk dibandingkan dengan lainnya. Pertama, ACC merupakan perusahaan pembiayaan yang bisa dipercaya karena merupakan bagian dari perusahaan nasional terkemuka PT Astra International Tbk. Selain itu, perusahaan pembiayaan itu mendapat peringkat IdAAA dari Fitch Rating.

Kedua, ACC juga menjanjikan BPKB aman tersimpan, sampai pelunasan semua kewajiban kredit.

Ketiga, banyak pilihan pembiayaan, fleksiable, dan kompetitif, termasuk penyediaan fasilitas pembiayaan syariah.

Keempat, proses kredit juga cepat. "Dengan kondisi persyaratan lengkap dan lokasi survey berada di dalam kota, maka kami akan berikan keputusan kredit delapan jam kerja," katanya. Hal itu, bisa dilakukan di luar kendaraan niaga dan mobil mewah.

Kelima, ACC bekerjasama dengan lebih dari 7.000 dealer resmi dan gerai mobil bekas. Keenam, perusahaan itu memiliki jaringan luas yaitu 68 kantor cabang yang tersebar di 53 kota di Indonesia. Selain itu ada 76.000 titik pembayaran melalui ATM, SMS banking maupun internet banking, serta PT Pos Indonesia.

Ketujuh, ACC, kata dia, telah memiliki sistem online terintegrasi, sehingga konsumen bisa mendatangi kantor cabang terdekat untuk memenuhi pembayaran angsuran, perubahan pembayaran angsuran, ataupun bantuan memperpanjang STNK, serta proses klaim asuransi. Kedelapan, mudah dihubungi melalui Kontak ACC (kode area) 500599.

Bahkan pihaknya menyediakan informasi pembiayaan kendaraan, simulasi kredit, cara pembayaran, dan sisa angsuran, melalui website www.acc.co.id. Kesembilan, ACC menjamin setiap pembiayaan kendaraan mendapatkan perlindungan dari asuransi terpercaya, dan ke-10 adalah jaminan tambahan asuransi jiwa. "Dengan kredit, konsumen bisa mengatur cash flow mereka," kata Jody. (*)

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014