Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan otomotif di Indonesia melalui PT FIN telah membuat mobil pemadam kebakaran ( damkar) untuk medan off road khusus daerah terpencil.

"Mobil ini bisa digunakan untuk menanggulangi kebakaran hutan di daerah terpencil atau sulit dijangkau Damkar," kata Marketing PT FIN Dewa Yuniardi di Jakarta, Kamis.

Kendaraaan tersebut diberi nama FIN Sysco Mobile Fire dengan tipe KD 250AT, kapasitas maksimal dua orang, dengan memiliki tiga tabung pemadam api utama.

"Kemampuan pemadaman memang belum untuk kebakaran besar, tapi bisa menjangkau semua medan jalan di pelosok hutan dan tempat lain," kata Dewa.

Selain itu, untuk menunjang kebutuhan penyelamatan, FIN juga membuat mobil ambulans off road untuk misi penyelamatan medan terjal.

"Kami sediakan mobil penyelamat dengan jenis off road untuk mendukung dinas kebakaran atau pasukan penyelamat," katanya.

Semua jenis kendaraan penyelamatan off road merupakan asli buatan Indonesia, yang diproduksi di Cimahi, Jawa Barat.

Dewa berharap bisa bekerjasama dengan pihak terkait untuk membantu daerah terpencil mempunyai fasilitas penyelamatan pertama yang memadai.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014