Jakarta (ANTARA News) - Menjelang Brio Saturday Night Challenge (BSNC) 2014, PT. Honda Prospect Motor menguji kekuatan mesin Honda Brio dalam kompetisi keterampilan mengemudi.

"Brio ini kan memiliki keunikan, salah satunya, dia city car, tapi memiliki tenaga yang besar," ujar Manager Coorporate Department PT Honda Prospect Motor Yosep Swasono Agus dalam Otobursa Tumplek Blek 2014 di Jakarta, Sabtu malam ini.

"Dari sisi bisnis kita juga memandang perlunya memperlihatkan kelebihan Honda Brio di target marketnya," tambah dia.

Yosep mengungkapkan, dalam kompetisi yang umumnya diikuti para pengendara Brio ini, Honda memberikan dua jenis tantangan, yakni parkir 180 derajat untuk pengemudi amatir dan manuver angka delapan untuk kalangan profesional.

Kemudian, pada kesempatan sama, pebalap profesional Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, mengungkapkan, kompetisi ini memperlihatkan sekalipun Brio hanya memiliki kapasitas mesin 1200 cc, namun bertenaga di kelasnya.

"Saat bermanuver angka delapan misalnya, kita bisa lihat Brio dapat melakukannya sekalipun masih dalam kondisi standar, belum dimodifikasi," kata dia.

Kemudian, lanjutnya, kemampuan bermanuver angka delapan Brio juga karena memiliki perbandingan gigi yang dekat.

"Dengan perbandingan gigi yang dekat, mungkin dirancang agar efisiensi bahan bakar jadi maksimal karena kerja dari tenaga mesin di perputaran yang selalu optimal," ungkap dia.

Honda Brio diketahui mempunyai kapasitas mesin 1200 cc dengan i-VTEC 4 Silinder yang dapat menghasilkan energi berdaya maksimal 88 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimal 109 Nm pada 4500 rpm.
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014