Jakarta (ANTARA News) - Sebagai sedan pemula, All New Honda City menawarkan kemewahan di dalam kabin yang membuat pengemudi dan penumpang nyaman.

"Kemewahan dan kenyamanan kabinnya memang didesain mendekati sedan Accord," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, di sela-sela uji kemudi All New Honda City, di Tangerang, Banten, Selasa.

Kemewahan terasa dari interior kabin, khususnya tipe ES,  dengan jok warna hitam dan stylish meter cluster di bagian dashboard yang diberi sentuhan warna silver.

Kemewahan juga tercipta dari desain kabin yang membuat dengan ruang kaki dan kepala yang lega, baik duduk di bangku depan dan belakang.

Selain itu ada sandaran tangan di kursi penumpang baris kedua yang dilengkapi tempat penyimpanan air minum (armrest with cup holder), serta rear AC yang membuat kesejukan kabin lebih merata sampai ke belakang.

Untuk tipe ES yang merupakan tipe tertinggi dan termahal dari  All New Honda City, serta tipe E dibawah ES juga dilengkapi audio layar sentuh 6,1 inci (FM/AM, DVD, CD, MP3/WMA, Aux-Input, USB, Ipod, dan Iphone) dengan delapan speaker.

Hal itu menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, karena suara yang dihasilkan dari audio menjadi lebih jernih, apalagi kabin All New Honda City tipe ES yang dicoba, terasa kedap dari suara mesin maupun kebisingan lain di luar kabin.

Sisi ekterior sedan City teranyar  itu juga lebih terkesan sporty dan dinamis dengan desain baru pada front grille.

Sementara performa mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC pada mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi dan tenaga maksimal 14,8 Kg.m pada 4.600 rpm.

Honda juga membenamkan teknologi "earth dream"-nya pada transmisi CVT (matik) sehingga menghasilkan perpindahan transmisi yang lebih halus, tidak terasa hentakannya, karena bobot transmisi lebih ringan, yang menghasilkan pula efisiensi dalam pemakaian bahan bakar serta emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan.

"Kami menggunakan standar (emisi) Euro 4," kata Jonfis.


Pasar

Dengan fitur yang canggih dan kemewahan yang disajikan sebagai sedan pemula, Jonfis optimistis All New Honda City mampu memimpin pasar "mini sedan" atau "entry sedan."

"Kami menargetkan bisa menguasai sekitar 45 persen pasar sedan (pemula) ini, dengan penjualan sekitar 500 unit/bulan," ujarnya.

Pada April 2014 pihaknya telah mendistribusikan sekitar 480 unit sedan pemula itu ke seluruh dealer Honda di Indonesia.

"Dari tiga tipe, yang paling laku adalah E CVT yang harganya Rp301 juta/unit (on the road Jakarta dan sekitarnya)," katanya.

Tipe lainnya yaitu S manual dipasarkan dengan harga  Rp277 juta/unit, kemudian S-CVT dengan harga Rp287 juta/unit, dan tipe E manual  Rp290 juta/unit. Sedang tipe termahal ES CVT seharga  Rp321 juta/unit.

Jonfis mengaku dalam tahap awal pihaknya hanya mendapat kuota All New Honda City dari Thailand, karena HPM tidak memproduksi sedan di Indonesia, sebesar 1.950 unit dan sekitar 30 unit diantaranya merupakan tipe ES.

"Kami optimistis All New Honda City memiliki pelanggan yang loyal, yang jumlahnya mencapai lebih dari 50 persen (dari total penjualan mobil tersebut)," katanya.

Di segmen sedan pemula itu, Honda memiliki pesaing utama yaitu All New Toyota Vios yang juga tampil dengan desain yang  agresif dan sporty. (*)

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014