Surabaya (ANTARA) - All New Honda City sedan generasi ketujuh yang menggunakan mesin 1.500cc DOHC i-VTEC mampu memberikan performa yang berbeda dengan versi hatchback meski menggunakan mesin yang sama.
 
Dengan performa 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm yang besar di kelas small sedan, All New Honda City sedan dengan mudah memberikan kinerja yang responsif, sekaligus mampu menjaga efisiensi bahan bakar yang ternyata di luar ekspektasi, yakni di atas 15 km/liter.

Pada pekan ini ANTARA sempat menjajal performa Honda City sedan bertransmisi CVT selama lima hari dengan rute Jakarta-Malang-Jakarta sejauh 1.800 kilometer dengan memuat empat orang penumpang dan barang.

Baca juga: All New Honda City mejeng di Senayan Park

Meski dengan model dan rasa berkendara yang berbeda dengan versi hatchback, Honda City versi sedan ini mampu memberikan akselerasi yang instan di mana tenaga langsung terasa keluar saat pedal gas ditekan dalam-dalam.

Sesekali mobil ini secara agresif bisa mencapai puncak kecepatan 160km/jam di jalan tol, namun saat dibawa pada RPM rendah, mobil ini mempertahankan kenyamanan yang menjadi ciri khas Honda.

Bagaimana efisiensi bahan bakarnya? Dengan akumulasi jarak sejauh 1.800 kilometer, saat dibawa di jalan tol dalam kota yang padat dan cara berkendara "stop and go", konsumsi BBM Honda City sedan rata-rata 15,9 km/liter berdasarkan data pada layar multi-information display (MID). Saat itu mobil dikendarai dengan empat penumpang serta selalu menghidupkan AC sepanjang perjalanan.

Lain halnya ketika mobil itu dibawa pada jalanan lancar dengan kecepatan konstan 80-100 km/jam, keiritannya menurut MID bisa mencapai 18,3 km/liter. Hasil itu juga diraih dengan AC hidup dengan empat orang penumpang.

Hasil menggunakan pantauan MID juga berbeda jika pengujian bahan bakar menggunakan metode full-to-full, yakni menghitung konsumsi bensin yang digunakan dari posisi tangki penuh, kemudian diisi kembali setelah perjalanan untuk mengetahui berapa banyak bensin yang dihabiskan. Dalam metode full-to-full, jumlah liter yang diisi menjadi angka konsumsi yang dibagi dengan jarak tempuh.

Saat menuju lokasi, Honda City Hatchback yang dipakai saat tangki BBM penuh hingga menempuh jarak 800 kilometer meminum 48 liter bensin dengan dua kali pengisian yakni 28 liter di Jawa Tengah dan 20 liter di Jawa Timur (kapasitas tangki 40 liter). Dengan demikian, rata-rata konsumsi BBM mobil ini selama perjalanan rata-rata 16,6 km/liter.

Saat kembali ke Jakarta melalui rute yang lebih jauh dengan jarak kurang lebih 1.000 kilometer, mobil small sedan itu menghabiskan bensin 57 liter dalam dua kali pengisian bahan bakar, atau rata-rata 17,5 km/liter.

Angka tersebut bisa dikatakan sangat baik karena mobil ini bisa memadukan performa kecepatan dengan efisiensi saat dipakai di luar kota. Kendati demikian, tentunya konsumsi bahan bakar akan berbeda, tergantung gaya mengemudi setiap orang serta kondisi lalu lintas yang dilalui.

Baca juga: All New Honda City sedan, lebih nyaman kian elegan

Baca juga: Honda hadirkan City Hatchback RS berteknologi Sensing

Baca juga: Sedan listrik hybrid Honda City e:HEV diluncurkan di India
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022