Jakarta (ANTARA) - Honda City Hatchback RS menjadi senjata baru Honda Prospect Motor (HPM) untuk mengisi kelas hatchback kompak segmen B, yang sebelumnya ditempati oleh Honda Jazz.

Honda City Hatchback menggunakan transmisi CVT dan 6 M/T didukung mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC+DBW dengan performa 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm. Selain kinerja itu merupakan yang terbesar di kelasnya, Honda City Hatchback juga menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Pada pekan ini ANTARA sempat menjajal performa Honda City Hatchback RS bertransmisi CVT selama lima hari di Jabodetabek dengan akumulasi jarak sejauh 320 kilometer.

Baca juga: Honda City Hatchback Hybrid tawarkan efisiensi BBM 27km/liter

Saat dibawa di jalan tol dalam kota yang padat dan cara berkendara "stop and go", konsumsi BBM Honda City Hatchback tercatat rata-rata 13,6 km/liter berdasarkan data pada layar multi-information display (MID). Saat itu mobil dikendarai dengan dua penumpang serta selalu menghidupkan AC sepanjang perjalanan.

Lain halnya ketika mobil itu dibawa pada jalanan lancar dengan kecepatan rata-rata 80-100 km/jam, keiritannya menurut MID bisa mencapai 18,3 km/liter. Hasil itu juga diraih dengan AC hidup dengan dua orang penumpang.
 
Honda City Hatchback (ANTARA/Alviansyah Pasaribu)


Hasil menggunakan pantauan MID juga berbeda jika pengujian bahan bakar menggunakan metode full-to-full, yakni menghitung konsumsi bensin yang digunakan dari posisi tangki penuh, kemudian diisi kembali setelah perjalanan untuk mengetahui berapa banyak bensin yang dihabiskan. Dalam metode full-to-full, jumlah liter yang diisi menjadi angka konsumsi yang dibagi dengan jarak tempuh.

Baca juga: Honda sebut pemesanan City Hatchback tembus 3.000 unit

Honda City Hatchback yang dipakai saat tangki BBM penuh hingga menempuh jarak 320,1 kilometer itu hanya meminum 24,6 liter BBM dari kapasitas tangki sebanyak 40 liter bensin. Dengan demikian, rata-rata penggunaan Honda City Hatchback dalam lima hari dengan berbagai cara berkendara dan kondisi jalan yang bervariasi adalah 13 km/liter.

Kendati demikian, tentunya konsumsi bahan bakar akan berbeda, tergantung gaya mengemudi setiap orang serta kondisi lalu lintas yang dilalui.

Faktor selain bahan bakar yang menjadi perhatian pada Honda City Hatchback adalah tampilan sporty, interior menawan, fitur canggih di kelasnya, suspensi lembut, manuver presisi dan performa akselerasi yang ringan.

Baca juga: Sekilas tentang Honda City Hatchback, pesaing baru Yaris

Spesifikasi singkat:
- 1.5L DOHC i-VTEC Enggine 121 PS
- CVT
- 16 inci Sporty Alloy Wheel
- LED Headlamp LED DRL
- LED Fog Light
- 8 Inci Capacitive Audio
- ULTRA Seat
- 8-Speaker
- 6 Airbags
- Paddle Shift (CVT Type)
- Remote Engine Start (CVT Type)


Baca juga: Honda City Hatchback RS, kental nuansa sporty untuk mobilitas harian

Baca juga: Penjualan Honda City Hatchback RS cenderung meningkat

Pewarta: A069
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021