Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal China, GAC telah mengumumkan hadirnya motor listrik terbaru mereka yakni Quark Electric Drive 2.0 dari merk Hyptec (dahulunya (Aion Hyper) yang memiliki tenaga hingga 30 ribu rpm.

CarnewsChina pada Minggu mengabarkan bahwa Quark Electric Drive 2.0 memiliki kepadatan daya motor sebesar 13 kW/kg dan efisiensi motor sebesar 98,5 persen sehingga teknologi terbaru ini dapat menjadi yang terbaik di dunia, klaim dari perusahaan tersebut.

GAC dalam menciptakan produk ini, sudah menggunakan bahan khusus magnet lunak amorf, yang dikenal sebagai "logam cair" karena memiliki permeabilitas 20-100 kali lipat dari lembaran baja silikon biasa, dan ketebalannya hanya seperempat dari selembar kertas A4.

Baca juga: Baru masuk RI dan perdana ikut GIIAS, AION kantongi 1.000 SPK lebih

Hal ini memberikan motor efisiensi keseluruhan yang mendekati superkonduktivitas suhu ruangan yang memainkan peran penting dalam meningkatkan parameter motor.

Artinya, motor dapat menambah jarak tempuh hingga 50 km untuk EV tanpa harus menambah ukuran baterai, atau dalam kasus EREV, dapat menambah jarak tempuh hingga 150 km.

Ini juga setara dengan memberikan jarak tempuh yang sama pada mobil berpenggerak semua roda seperti mobil berpenggerak dua roda yang sudah ada. GAC mengklaim bahwa teknologi ini berpotensi menghemat 90 miliar kWh listrik per tahun.

Baca juga: 500 unit AION Y Plus siap mendarat, disusul peresmian pabrik di RI

Quark Electric Drive 2.0 akan segera dipasang pada model Hyptec. Awal bulan ini, merek tersebut meluncurkan generasi baru sasis digital pintar. Sasis ini memiliki radius putar minimum 3,4 meter, yang berarti pengurangan 40 persen dalam radius putar minimum.

Sasis ini memiliki kunci diferensial elektronik fusi pertama di industri, yang berarti dua roda dapat dengan mudah keluar dari masalah saat digantung.

Baca juga: Mengenal Sunra Future, motor listrik dengan daya jelajah 115 km

Baca juga: IMOTO resmi kenalkan sepeda motor elektrik pertamanya di Indonesia

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024