Jakarta (ANTARA) - Honda bersama Pininfarina telah merestorasi HP-X, mobil konsep pertama Honda yang dikeluarkan pada tahun 1984.

Menurut siaran Car and Driver pada Kamis (1/8), mobil konsep Honda HP-X yang telah direstorasi akan ditampilkan dalam ajang otomotif Pebble Beach Concours d'Elegance, yang dijadwalkan berlangsung di Pebble Beach, California, Amerika Serikat, pada 18 Agustus 2024.

HP-X adalah mobil konsep pertama Honda dan dirancang oleh rumah desain ikonik Italia, Pininfarina.

Mobil konsep berusia 40 tahun itu telah dibawa kembali ke bengkel Pininfarina untuk direstorasi secara menyeluruh.

Honda HP-X yang telah direstorasi akan bersaing untuk mendapatkan penghargaan dalam kategori "Mobil Konsep dan Prototipe Berbentuk Baji" di Pebble Beach.

Baca juga: Honda akan potong kapasitas produksi mobil di China

Honda HP-X. (Honda)

HP-X cukup ringkas, berukuran panjang 163,8 inci - sekitar empat inci lebih pendek dari Toyota GR86 - dan tinggi 43,7 inci.

Badan mobil konsep ini berbentuk baji ramping, dengan kap mesin pendek dan serangkaian garis bersudut di sepanjang sisi yang menonjolkan tampilan kabin ke depan.

HP-X mengganti pintu dengan kanopi Perspex satu bagian yang terangkat ke atas, dan menggunakan cat dua warna dengan bagian putih dan biru tua yang dipisahkan oleh garis merah.

Kendaraan konsep ini menampilkan aerodinamika canggih dan memiliki bagian belakang kanopi ramping yang dimaksudkan sebagai rem udara yang dikendalikan pengemudi.

Baca juga: Hot Wheels luncurkan miniatur edisi kolektor Honda Civic EG

Ruang kabin Honda HP-X (ANTARA/Honda)


HP-X menggunakan serat karbon dan Kevlar untuk meminimalkan bobot.

Kendaraan konsep ini menggunakan mesin V-6 2.0-liter DOHC 24-katup 2.0-liter yang dipasang di tengah. Mesin ini berasal dari mesin balap Honda Formula 2.

Layar kabinnya menampilkan telemetri waktu nyata, GPS, dan peringatan kondisi jalan yang menggunakan sonar.

Meskipun tidak pernah mencapai tahap produksi, Honda menyampaikan bahwa mobil konsep konsep HP-X menginspirasi dan menginformasikan pengembangan NSX generasi pertama, yang dijual secara global sebagai Honda dan dilengkapi lencana Acura di Amerika Serikat.

Baca juga: Nissan mobil konsep masa depan mereka di GIIAS 2024

Baca juga: Mobil konsep me;Mo​​​​​​​ dari Daihatsu tarik perhatian pengunjung GIIAS 2024

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024