Frankfurt (ANTARA News) - Merek-merek terkenal kini beradu menawarkan teknologi smartphone untuk pasar city car.

Reuters melaporkan bahwa di Eropa, pasar city car tumbuh hampir 10 persen sehingga merek-merek kendaraan berlomba merebut pasar tersebut.

Opel Adam Rocks, New Peugeot, Citroen C1, dan Toyota Aygo yang semuanya  akan tampil di pameran otomotif Jenewa bulan ini, masing-masing menawarkan layar besar multimedia.

Layar tersebut dapat menampilkan perpustakaan musik atau peta navigasi yang tersimpan pada smartphone.

Fitur tersebut sudah terbukti ampuh dalam merebut konsumen kendaraan kelas atas.

Kini, teknologi tersebut jadi andalan untuk merebut golongan konsumen baru yaitu generasi muda perkotaan yang "melek teknologi".

"Yang sebelumnya jadi fitur mobil kelas atas, kini sudah ada di kendaraan kelas menengah dan kelas bawah," kata Dinesh Paliwal, chief executive dari Harman International, pembuat sistem hiburan kendaraan.

"Hal ini didorong oleh perubahan gaya hidup, orang tetap ingin terhubung meski berada dalam mobil," katanya.

Kendaraan perkotaan ukuran kompak adalah bagian dari kelas kendaraan "segmen A".

Di sisi lain, perusahaan teknologi juga mulai mendekati sektor otomotif.

Apple pada Senin mengumumkan akan memperkenalkan teknologi hands-free untuk pengemudi mobil Ferrari, Mercedes-Benz, dan Volvo.

Apple akan memperkenalkan teknologi itu pada pameran otomotif Jenewa.

CarPlay, nama teknologi Apple itu, membuat pengemudi cukup menggerakkan anggota tubuhnya atau menggunakan suara untuk mengaktifkan musik, seperti pada iPhone.

City car Opel Adam Rocks yang akan diperkenalkan di Jenewa, memiliki sistem infotainment yang dapat terhubung ke smartphone menggunakan Apple iOS atau sistem operasi Google Android untuk menjawab telepon atau mendiktekan pesan.

MINI generasi keempat yang akan diluncurkan bulan ini juga dilengkapi sistem "MINI Connected" yang kompatibel dengan Android dan iOS.

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014