Jakarta (ANTARA) - SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar atau pom bensin adalah tempat untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan.

Selain itu sistem pelayanan di SPBU juga beragam, ada yang dilayani langsung oleh petugas dan ada self service.

Dilansir dari penelitian jurnal, ada beberapa distributor BBM, seperti Pertamina, Shell, Petronas, juga Total. Distributor Pertamina menjadi pengelola BBM ternama di Indonesia.

Pertamina menyediakan beberapa jenis BBM, seperti premium bersubsidi, pertamax, pertamax plus, solar, solar pertamina DEX, dan pertalite.

SPBU Pertamina menjadi perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah, namun Pertamina yang berada di Indonesia tidak semua dikelola pemerintah. Ada beberapa SPBU yang dikelola oleh swasta.

Bagaimana membedakan SPBU Pertamina yang dikelola oleh perintah dan swasta? Berikut penjelasannya.

Dilansir dari situs resmi MyPertamina, terdapat tiga jenis SPBU Pertamina yang ada di Indonesia, hal ini bisa dibedakan dari kode yang dimiliki SPBU.

Kode yang dimilki SPBU Pertamina
  • COCO (Corporate Owner Corporate Operate), merupakan SPBU yang dimiliki dan dikelola Pertamina langsung
  • CODO (Corporate Owner Dealer Operate), merupakan SPBU yang dimiliki Pertamina dan dikelolah swasta
  • DODO (Dealer Owner Dealer Operate), merupakan SPBU yang dimiliki dan dikelola swasta langsung

Selain kode, SPBU memiliki perbedaan jenis dari segi warna. Anda biasa melihat SPBU berbeda-beda di setiap tempatnya? Simak penjelasan ini.

Perbedaa warna SPBU
  • SPBU warna merah, tempat SBPU ini menyediakan fasilitas lain yang dibutuhkan oleh pembeli BBM, seperti toilet, mushola, minimarket, dan tempat ganti ban serta isi angin.
  • SPBU warna biru, tempat SPBU ini menyediakan fasilitas yang lebih lengkap, seperti cafe, ATM, cuci kendaraan, tenant makan, dan restoran cepat saji.
  • SPBU warna hijau, tempat SPBU ini berkonsep ramah lingkuan yaitu Green Energy Station (GES) dengan adanya fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik umum, stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum, pembangkit listrik tenaga surya, dan digitalisasi edukasi pertamax series serta DEX series.

Namun pemberian kode tersebut tidak membedakan nilai dan kualitas. Seluruh SPBU Pertamina, baik dikelola Pertamina dan swasta, tetap menerapkan prinsip dan ketentuan yang sudah ada.
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024