Jakarta (ANTARA) - BP (British Petroleum) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan bahan bakar untuk moda transportasi, energi, dan penerangan di Indonesia. BP merupakan perusahaan yang berasal dari Inggris dan beroperasi di Indonesia lewat kerja sama dengan PT AKR Corporindo atau biasa disebut sebagai BP-AKR.

BP-AKR menyediakan tiga jenis bahan bakar (BBM) di pasar Indonesia yaitu BP 92, BP Ultimate, dan BP Diesel. Untuk BP 92 dan BP Ultimate memiliki teknologi ACTIVE pada BBM tersebut, yang dirancang untuk bisa melindungi sekaligus membersihkan mesin dari kotoran.

Setiap kendaraan bermesin bensin, pasti memiliki jenis kompresi mesin yang berbeda terlebih pada tingkatan RON (Research Octane Number) dalam penggunaan BBM. Semakin tinggi angka RON, semakin baik kualitas bahan bakar tersebut terutama untuk menghindari terjadinya detonasi (knocking) pada mesin yang dapat menyebabkan kerusakan dan penurunan performa kendaraan.

RON sering dijadikan ukuran stabilitas nilai atau tingkat oktan yang terdapat pada kandungan bahan bakar. Sehingga RON memiliki angka untuk menunjukkan terhadap tingkat tekanan yang dihasilkan pada saat pembakaran BBM di mesin kendaraan.

BP menawarkan berbagai jenis BBM dengan spesifikasi dan kandungan RON yang berbeda, dirancang untuk memenuhi kebutuhan nilai RON sesuai dengan kompresi setiap mesin pada kendaraan.​​​​​​​ Sehingga pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kendaraan mereka.

Baca juga: Mengenal jenis BBM Vivo berdasarkan nilai RON
Baca juga: Jenis-jenis BBM Pertamina serta penjelasan nilai RON-nya


Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis BBM BP dan kandungan RON-nya.

1. BP 92

Pada penggunaan BBM ini setara dengan Pertamax, Shell Super dan Vivo Revvo 92. Sehingga untuk penggunaan BBM biasanya digunakan untuk kendaraan yang memiliki mesin dengan kebutuhan performa lebih tinggi untuk bisa memberikan performa yang nyaman saat berkendara.

Nilai RON: BP 92 memiliki nilai RON sekitar 92.


2. BP Ultimate
​​​​​​​

BBM BP Ultimate adalah pilihan yang tepat bagi pemilik kendaraan yang menginginkan performa maksimal dari mesin mereka. Dengan kualitas dan kandungan aditif yang unggul, BBM ini tidak hanya mendukung kinerja mesin tetapi juga memberikan manfaat dalam efisiensi bahan bakar dan perlindungan mesin.

Nilai RON: BP Ultimate memiliki nilai RON 95.


3. BP Diesel

Untuk penggunaan BBM BP Diesel diperuntukkan untuk kendaraan yang memiliki mesin diesel dengan kapasitas besar. Pada BP Diesel setara dengan Pertamina Dexlite atau Dex dan Shell Diesel, guna untuk mempertahankan mesin dalam performa BBM terbaik.

Nilai RON: BP Diesel, sama dengan diesel lainnya, BP Diesel tidak memiliki nilai RON, tetapi memiliki cetane number (CN) yang berkisar 48.

Baca juga: Jenis-jenis BBM Shell dan nilai RON di dalamnya
Baca juga: Pengertian RON BBM dan pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar
Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024