Jakarta (ANTARA News) -   Delapan belas tim mahasiswa dari 12 perguruan tinggi  Indonesia akan mengikuti perlombaan mobil hemat Shell Eco-Marathon (SEM) 2014 di Manila, Filipina pada Februari.

Peserta dari Indonesia akan bertanding di dua kategori yakni prototype serta urban. Indonesia mengirim 8 mobil prototype dan 10 mobil urban concept.

"Masing-masing tim mendesain dan merancang serta membangun kendaraan hemat bahan bakarnya sendiri," kata Communications Manager PT. Shell Indonesia, Inggita Notosusanto di Jakarta, Kamis.

Inggita mengemukakan Indonesia sudah ikut serta sejak SEM Asia dilaksanakan pada tahun 2010.

Pada tahun 2010, empat universitas yang ikut serta yakni dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Teknologi Bandung. Tahun ini, ada tambahan peserta yakni dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Pontianak, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Politeknik Technical Education Development Center Bandung dan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.

Sebelumnya, ajang ini selalu diselenggarakan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Namun untuk tahun ini  peserta SEM Asia akan menjajal kendaraannya di jalan raya Manila pada 6-9 Februari 2014.

"Ini pertama kalinya dilaksanakan di Manila dan di jalan raya," katanya.
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014