Jakarta (ANTARA) - GAC Aion asal China dikabarkan akan segera mengungkap model terbaru mereka untuk pasar kendaraan elektrik melalui Aion hyper GT yang akan diumumkan pada 6 Juni besok.

Kendaraan yang siap menggemparkan industri kendaraan elektrik dunia ini hadir dengan jangkauan yang luar biasa, yakni 710 km melalui platform 800V yang mutakhir dan fitur bantuan pengemudi yang canggih seperti yang dikabarkan oleh Arena Ev, Rabu.

"Model global" Hyper GT akan menjadi kendaraan pertama yang menampilkan teknologi Mapless Intelligent Driving yang inovatif dari GAC, dan juga telah menjalani pengujian ekstensif di Milan, Bangkok, dan Hong Kong.

Baca juga: Masuk pasar RI, produsen EV China Aion boyong 6 teknologi canggih

Hal ini menunjukkan bahwa kendaraan tersebut dapat diluncurkan secara bersamaan di pasar Tiongkok dan luar negeri, yang merupakan langkah signifikan dalam upaya ekspansi global GAC.

Awalnya, kendaraan ini diluncurkan pada Juli 2023 dengan tujuan untuk menantang keberhasilan Tesla model 3. Perusahaan membanderol kendaraan ini juga bersaing dengan kendaraan tersebut yakni sekitar 28,000 euro atau Rp495 jutaan.

Hypercar elektrik ini hadir dengan platform AEP 3.0 GAC, sedan ukuran menengah ini memiliki dimensi panjang 4.886 mm dengan jarak sumbu roda 2.920 mm, menyediakan ruang yang luas baik untuk penumpang maupun kargo.

Baca juga: GAC Aion gandeng Indomobil Group untuk masuk pasar otomotif tanah air

Hyper GT ditenagai dengan motor listrik belakang yang menghasilkan tenaga 250 kW (340 hp) dan torsi 434 Nm. Sehingga, kendaraan listrik ini diklaim mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik.

Ambisi GAC untuk melakukan ekspansi global telah terbukti dalam langkah-langkah baru-baru ini, termasuk merekrut mantan karyawan Tesla untuk memperkuat jaringan pengisian daya mereka di Amerika Serikat.

Namun, perusahaan menghadapi kemunduran di bulan April dengan penurunan penjualan sebesar 31,45 persen dibandingkan tahun lalu, termasuk penurunan signifikan pada model Hyper GT.

Baca juga: Merek mobil listrik China GAC Aion resmi masuk ke pasar Indonesia

Baca juga: GAC Aion ingin menjadikan Indonesia sebagai tempat produksi

Baca juga: Perusahaan NEV GAC Aion di China produksi satu mobil per menit

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024