Solo (ANTARA) - Bengawan Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membawa mobil hemat energi ke kompetisi tingkat internasional yang akan diselenggarakan pada Juli di Jakarta.

General Manager Bengawan Team UNS Adam Sulthoni Wibowo pada peluncuran mobil hemat energi dengan nama Nirankara 2.0 di Solo, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan saat ini persiapan sudah memasuki 80 persen.

"Tinggal finishing-finishing, semoga bisa dapat skor yang lebih tinggi dari sebelumnya," kata Adam.

Ia mengatakan mobil roda tiga dengan awak satu orang tersebut akan berpartisipasi pada lomba tingkat Asia Shell Eco-Marathon 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok dan lomba tingkat nasional Kontes Mobil Hemat Energi 2024 di Sirkuit Ancol Jakarta.

Baca juga: UNS kembangkan hidrogen sebagai bahan bakar mobil

Pada pencapaian terakhir lomba serupa tahun 2023 pihaknya mencatatkan skor 766 km/liter.

Sementara itu, kata dia, mobil Nirankara 2.0 tersebut merupakan penerus dari generasi sebelumnya. Ia mengatakan untuk generasi terbaru ini bobot mobil lebih ringan.

"Kalau bobot mobil sebelumnya 60 kg, sedangkan bobot mobil ini 45 kg belum termasuk driver. Kendaraan ini berkategori prototipe gasoline," katanya.

Ia mengatakan kendaraan generasi terbaru ini juga lebih aerodinamis dan memiliki bentuk yang lebih ramping dari sebelumnya.

Baca juga: Tim Bengawan UNS luncurkan dua prototipe mobil balap

"Hanya punya tiga roda sehingga hambatan angin dapat dilewati dengan mudah," katanya.

Pada kesempatan yang sama, pembinaan UKM Bengawan Team UNS Syamsul Hadi berharap Bengawan Team UNS dapat meraih hasil terbaik pada kompetisi tersebut.

"Harapannya bisa lebih dari 750 km/liter, kalau bisa mendekati 1.000 km/liter," katanya.

Ia berharap dengan raihan yang baik, tim tersebut mampu mengangkat nama UNS di tingkat internasional.

Baca juga: Unit Usaha Bakrie-UNS bangun Puslitbang Baterai Kendaraan Listrik
Baca juga: UNS ikuti lomba rancang mobil irit BBM

 
 
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024