Jakarta (ANTARA News) - Ketika dunia berduka atas meninggalnya Nelson Mandela, banyak sisi yang dapat disingkap dari kehidupannya, termasuk kegemaran sang juru damai tersebut terhadap mobil.

Di awal karirnya sebagai pengacara, sebelum bergabung dengan Kongres Nasional Afrika, Mandela memiliki ketertarikan yang besar terhadap mobil-mobil bagus.

Hal ini terekam jelas dalam film tentang Mandela: "Long Walk to Freedom" yang disutradarai Justin Chadwick.

"Mandela menyukai mobil-mobil ini. Ia sangat fanatik layaknya seorang pemuda. Jika Anda mengenal Mandela sebagai seorang pemuda, ia menyukai pakaian-pakaian bagus, menjahit dan kendaran-kendaraan ini," kata Chadwick layaknya dilansir USAToday.

Chadwick, pria kelahiran Inggris yang ayahnya juga seorang penggemar mobil, menyatakan bahwa dirinya perlu perhatian khusus untuk mendapatkan sebanyak mungkin mobil antik yang ada semasa hidup Mandela.

"Saya terobsesi dengan mobil-mobil terbaik. Dan, kami terus mendalami mobil-mobil tersebut. Kami melibatkan lebih dari 500 mobil antik dalam film Mandela, yang menjadi semacam rekor untuk sebuah film," kata Chadwick.

Ia menambahkan, mendapatkan Chevrolet kuno yang ditunggangi Mandela dengan bangga adalah sesuatu yang berharga. (*)
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2013