Jakarta (ANTARA) - Indonesia Diecast Expo (IDEX) kembali menggelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecast Expo 2024 (IDE11), yang akan berlangsung pada 26-27 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Pada tahun ini, pihak penyelenggara meyakinkan bahwa terdapat beragam kegiatan hingga brand-brand baru yang dikabarkan akan menyambut para diecast hunter dalam ajang tahunan ini.

Ketua Penyelenggara Indonesia Diecast Expo 2024, Arya Lembana mengatakan bahwa diecast bukan hanya sekadar mainan, ini adalah representasi dari passion dan kecintaan terhadap mobil.

Baca juga: Digelar 29-30 Oktober 2022, Indonesia Diecast Expo Hadirkan Keseruan Baru

“Fakta menariknya, banyak penggemar diecast juga merupakan penggemar otomotif. Hal ini tidak mengherankan, mengingat diecast menawarkan kesempatan unik untuk mempelajari detail mobil, sejarah desainnya, dan bahkan teknologi mesinnya,” kata Arya Lembana dalam keterangan resminya, Kamis.

Tidak hanya itu, para pencinta diecast yang terus berkembang setiap tahunnya juga memiliki kisah dan cerita tersendiri mengenai kegemarannya dalam mengoleksi miniatur dari beberapa brand tertentu.

“Di balik miniatur mungil ini, tersembunyi pula dunia otomotif yang luas dan penuh cerita,” ucap dia.

Baca juga: Pameran diecast IDE 2022 digelar "offline" setelah dua tahun virtual

Ilustrasi: berbagai mainan diecast yang sedang dipajang. (ANTARA/Chairul Rohman)

Kembalinya kegiatan ini, tidak terlepas dari kesuksesan acara ini di tahun-tahun lalu yang menjadi sebuah bukti nyata bahwa antara industri mainan miniatur ini memiliki korelasi yang kuat dengan industri otomotif. Hal ini pula yang ingin disampaikan oleh penyelenggara untuk menguatkan hubungan di antara kedua industri tersebut.

Baca juga: Hot Wheels gelar kompetisi diecast di Supermal Karawaci

Kegiatan ini juga semakin dimeriahkan dengan hadirnya Tarmac Work Indonesia, produsen mainan di mana melalui kerja sama tersebut diharapkan menjadi sebuah kolaborasi yang dapat menambah khazanah dunia mainan miniatur di Tanah Air.

“Selaku pemain diecast mini scale, Tarmac juga mengeluarkan kartu atau trading card yang dikenal Tarmac Card, yang juga sudah ditunggu oleh penggemar koleksi atau kolektor kartu di Indonesia. Dan event kali ini juga di support oleh KEPOPIC, yaitu salah satu brand diecast figure untuk skala banding 64,” ujar dia.

Pada kegiatan yang bertema Halalbihalal Indonesia Diecast Expo, sekaligus kegiatan “Road To IDE11” ini kehadiran dua sosok kolektor diecast yang juga memiliki peran penting dalam industri otomotif.

Kedua guest tersebut adalah Aryo Soerjo yang kini menjabat sebagai Marketing and Development Division Head KIA Indonesia, dan Arie Christopher sebagai CEO Subaru Indonesia.

“Dengan adanya dua tokoh ini Indonesia Diecast Expo berharap pecinta otomotif dapat lebih banyak lagi menjadi penggemar diecast,” tutup dia.

Baca juga: Ada desainer "diecast" Hot Wheels di Indonesia Diecast Expo 2019

Baca juga: Desainer Hot Wheels Phil Riehlman akan hadir di Diecast Expo 2020

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024