Jakarta (ANTARA) - Honda Motor Co. berencana membangun pabrik kendaraan listrik baru di Kanada sebagai bagian dari upaya memperkuat kapasitas produksi di Amerika Utara menurut sumber-sumber yang mengetahui masalah itu, yang dikutip dalam warta Kyodo News pada Selasa (23/4).

Pabrik itu akan menjadi pabrik kendaraan listrik kedua Honda di Amerika Utara, pasar utama mobil bertenaga baterai, selagi produsen mobil Jepang tersebut melengkapi kembali pabriknya yang ada di Ohio, Amerika Serikat, sehingga dapat memproduksi kendaraan serba listrik mulai tahun 2025.

Pemerintah Kanada mungkin mempertimbangkan untuk menawarkan dukungan finansial untuk proyek itu, kata sumber yang dikutip oleh Kyodo.

Baca juga: Astra Honda Motor pasang solar panel 8.760 kWp di pabrik Karawang
Baca juga: Honda akan pangkas produksi mobil di dua pabrik Jepang pada Oktober

Rencana pendirian pabrik di Kanada muncul ketika Honda tertinggal dari pesaingnya seperti Tesla Inc. dalam meluncurkan kendaraan listrik di Amerika Utara, wilayah yang menyumbang sekitar 30 persen dari penjualan mobil global perusahaan Jepang tersebut.

Honda menyatakan ingin melihat kendaraan listrik dan kendaraan sel bahan bakar berbahan bakar hidrogen menyumbang 40 persen penjualan di wilayah tersebut pada 2030, dan meningkat menjadi 100 persen pada 2040.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, pembuat sedan Civic dan mobil kompak Fit itu meluncurkan seri mobil listrik baru "Honda 0" di Consumer Electronic Show di Las Vegas pada Januari lalu.

Kendaraan tersebut, yang diharapkan Honda akan membantu mempercepat peralihan perusahaan dari mesin pembakaran internal, akan dijual secara global mulai tahun 2026

Baca juga: Pabrik baterai Honda dan LGES di AS ditargetkan beroperasi akhir 2024
Baca juga: Honda dan LG resmi bangun pabrik baterai di Amerika Serikat

 
Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024