Jakarta (ANTARA) - Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti mengungkapkan bahwa uji coba Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang memanfaatkan aset tiang listrik milik PLN berhasil memuaskan sehingga pihaknya menargetkan membangun sebanyak 2.000 infrastruktur tersebut.

“Untuk ujinya, sudah kita lakukan semuanya. Sudah aman uji nya itu mulai dari uji sentuh sampai terkait ketenagalistrikannya. Sudah aman dan kita baru uji coba di tiga lokasi. Target tahun ini kita buat 2.000 unit,” kata Edi Srimulyanti kepada awak media di Jakarta, Senin.

Baca juga: PLN: Transaksi di SPKLU naik lima kali lipat selama arus mudik 2024

Hal ini dilakukan guna memberikan kemudahan kepada para pengguna kendaraan berbasis baterai di Indonesia, dan juga untuk meningkatkan ekosistem kendaraan bersih emisi tersebut di Indonesia.

PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi menghadirkan EV Charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN. Keberadaan EV Charging ini diharapkan dapat menjangkau semua pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya.

Baca juga: PLN catat jumlah kenaikan transaksi SPKLU selama mudik Lebaran

“Fasilitas tiang listrik besi itu nantinya ada alat yang ditanam di dalamnya, Nanti, SPKLU-nya ditanam di dalamnya,” jelas dia.

Meski begitu, sampai saat ini PLN masih menggunakan daya yang lebih rendah mulai dari 7 Kw dan juga 22 kW. Sehingga, tipe pengisi daya AC yang baru bisa menggunakan fasilitas ini. 

Baca juga: PLN Bali mencatat 429 transaksi pemanfaat SPKLU selama Lebaran 2024

“Karena itu di tiang, takutnya mengganggu performance dari tiang itu sendiri ya. Jadi untuk itu ada yang 7 Kw dan 22 kW dan hanya tipe AC saja yang bisa. Kalau besar-besar (dayanya) tidak bisa. Jadi yang kecil-kecil, tapi nanti kita perbanyak,” jelas dia.

Saat ini sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi. Sebarannya yakni, dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Penggunaan SPKLU di Jakarta meningkat selama libur Lebaran

Baca juga: YLKI: Belum ada keluhan isi daya kendaraan listrik selama Lebaran

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024