Jakarta (ANTARA News) - MINI Cooper hardtop dua pintu 2014 yang akan dijual pada pertengahan tahun depan punya body dan rangka yang lebih besar, kekuatan lebih besar, tapi harga tidak jauh beda dengan model sebelumnya.

MINI Cooper hardtop tersebut merupakan model pertama yang menggunakan model yang baru front-wheel-drive chassis.

Model MINI lainnya, seperti varian convertible dan SUV Countryman juga akan menggunakan sasis tersebut. Sasis  ini juga akan digunakan oleh BMW, pemilik merek MINI.

"Kami harap kami bisa segera memberikan harga pastinya," kata Product Planning Manager Patrick McKenna seperti dilansir lama USA Today.

Model baru MINI akan 4 inci lebih panjang, dengan wheelbase 1 inci lebih panjang dan 1 inci lebih lebar. Ruang kaki belakang juga lebih panjang 2 inci.
 
Perubahan itu mengikuti bagian depan yang bertambah panjang 2,4 inci untuk memperbesar zona benturan agar  mengurangi dampak bagi pejalan kaki ketika bertabrakan.

Pada MINI Cooper Hardtop, model dasar memiliki mesin 1.5 L dengan tiga silinder, mesin bensin turbocharged yang mempu menghasilkan 134 Hp dan pada torsi 162 ft. Spesifikasi ini menggantikan mesin 1.5 L, 121 Hp empat silinder yang dipakai pada model yang ada sekarang.

MINI Cooper S, model tertinggi memiliki mesin 2 L dengan empat silinder mampu menghasilkan 189hp pada 207lbs. Mesin ini menggantikan mesin empat silinder 181 Hp.

Keduanya tersedia dalam transmisi enam percepatan baik manual maupun otomatis.

Tambahan fitur baru pada mobil ini yakni sensor parkir yang bisa digunakan untuk melakukan parkir paralel. Mode berkendara yakni normal, sport dan comfort.

Penerjemah: Deny Yuliansari
Copyright © ANTARA 2013