Jakarta (ANTARA) - CEO Tesla Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaan mobil listriknya itu bakal mengungkapkan produk baru bernama Robotaxi pada 8 Agustus 2024.

Pengumuman ini muncul ketika penjualan Tesla EV melambat dan laba menurun. 

TechCrunch pada Sabtu melaporkan hal itu terjadi tak lama setelah Elon secara langsung membantah rumor bahwa Tesla sedang mengerjakan mobil listrik dengan harga ramah di kantong yang dilaporkan oleh Reuters.

Laporan tersebut dirilis pada Jumat (5/4), mengutip tiga sumber anonim dan dokumen internal mengatakan bahwa Tesla membatalkan rencananya untuk membangun kendaraan listrik berbiaya rendah.

Baca juga: Pengiriman kendaraan Tesla turun 8,5 persen pada Q1 2024

Sebaliknya Tesla bakal memfokuskan sumber daya pada Robotaxi yang sedang dibangun pada platform kendaraan listrik kecil yang memungkinkan hadirnya kendaraan berbiaya rendah.

Setelah laporan itu tersebar, Elon Musk pun muncul dan mencuit di X-nya "lying" atau berbohong tanpa menjelaskan bagian mana dari informasi tersebut yang tidak tepat.
 
Tak lama pengumuman Tesla Robotaxi pun muncul dan dipastikan produk itu meluncur pada 8 Agustus 2024.

Laporan telah beredar selama bertahun-tahun bahwa Tesla sedang mengerjakan dua jenis kendaraan.

Baca juga: Tesla janjikan mobil futuristik untuk "robotaxi"

Namun Musk masih ragu apakah akan memprioritaskan mobil biasa atau mobil tanpa roda kemudi atau pedal.

CEO tersebut pada pertengahan tahun 2022 menolak desakan para insinyurnya untuk mereferensikan mobil dengan roda kemudi dan pedal.

Dan bahkan ketika dia terus maju, desainer utama Franz von Holzhausen dan VP teknik dari Tesla Lars Moravy mempertahankan versi mobil yang lebih tradisional tetap hidup.

Musk telah menjanjikan kemampuan otonom pada kendaraan Tesla selama bertahun-tahun.

Dimulai pada 2016, dia mengatakan bahwa Tesla akan melakukan perjalanan lintas alam pada akhir 2017 namun hal ini tidak terjadi.

Baca juga: Taksi swakemudi baru bisa beroperasi massal 10 tahun lagi

Lalu di 2019, ia berjanji untuk meluncurkan Robotaxi pertama perusahaannya sebagai bagian dari visi yang lebih luas untuk jaringan berbagi tumpangan otonom pada 2020 dan sama seperti rencana sebelumnya hal itu tidak terealisasi.

Beberapa tahun kemudian, dia mengatakan Robotaxi khusus tanpa roda kemudi atau pedal akan mulai dipasarkan pada 2024 dan hal ini baru bisa dipastikan sepanjang tahun ini.

Tesla dikenal memproduksi kendaraan dengan sistem bantuan pengemudi "autopilot". Pelanggan yang membayar sebesar 12.000 dolar AS bisa mendapatkan fitur "Full Self Driving" sebuah fitur yang memungkinkan pengemudi bisa mengemudi otonom sepenuhnya.

Namun fitur itu tetap membutuhkan pengendara yang harus selalu siap mengambil kendali dalam beberapa kondisi, termasuk untuk memantau fitur parkir "Summon", serta "Navigate on Autopilot" sebuah sistem panduan aktif yang menavigasi mobil di jalan raya.

Baca juga: Regulator AS selidiki kecelakaan "rem mendadak" Robotaxi GM Cruise

Baca juga: 800 ribu mobil robot Baidu akan beredar mulai 2028
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024