Jakarta (ANTARA) - Pasar otomotif Indonesia kembali kedatangan pabrikan mobil asal China, yakni GAC Aoin yang menggandeng distributor lokal berpengalaman Indomobil Group untuk bersaing di tanah air.

"Sejalan dengan komitmen Indomobil Group serta peran aktif korporasi dalam pengurangan emisi karbon, kami dengan bangga menghadirkan GAC Aion sebagai salah satu dari 3 manufaktur kendaraan listrik di dunia," kata Presiden Direktur Indomobil Group, Jusak Kertowidjojo, pada saat penandatangan kerja sama keduanya di Jakarta, Selasa. 

Penguasa pasar otomotif ketiga setelah Tesla di China, hadir di Indonesia untuk semakin memberikan ragam pilihan dalam segmen kendaraan ramah lingkungan bagi konsumen lokal.

Baca juga: Perusahaan NEV GAC Aion di China produksi satu mobil per menit

Sebagaimana diketahui, GAC Aion merupakan perusahaan besar dan grup otomotif dengan rantai industri terlengkap di China. GAC Group memiliki empat brand mobil penumpang utama seperti GAC Toyota, GAC Honda, GAC Motor dan GAC Aion.

“Saya ingin memperkenalkan GAC AION (GAC AION New Energy Automobile Co., ltd.). Sebagai anak perusahaan GAC Group yang didirikan pada tahun 2017, dan bertujuan untuk menjadi merek kendaraan listrik cerdas kelas dunia di sepanjang jalur pengembangan EV (baterai EV) + ICV (kendaraan terhubung cerdas),” ujar Managing Director GAC Aion New Energy Automobile Co., Ltd, Mr. Gu Hui Nan di lokasi yang sama.

Untuk permulaan, GAC Aion akan membawa empat kendaraan baru dalam satu tahun ke depan. debut pabrikan ini akan dimulai pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pada Juni mendatang.

Baca juga: GAC Aion rayakan produksi kendaraan 1 juta unit di akhir Desember 2023

Dalam debutnya nanti, pabrikan otomotif itu akan terlebih dahulu membawa dua kendaraan yakni Y Plus dan juga Hyper HT. Lini produknya mencakup model seperti sedan, SUV dan supercar.

"Jadi baru dua yang kita bisa sampaikan, yaitu Aion Y Plus dan Hyper HT," janji Jusak Kertowidjojo.

Ke depannya, setidaknya akan ada tiga model baru dipasarkan dalam setiap tahun. GAC Aion juga merupakan salah satu dari sedikit produsen mobil di dunia yang mengembangkan dan memproduksi teknologi inti baterai, motor listrik dan kontrol listrik secara mandiri.

Pabrik baterai dan penggerak listrik telah dioperasikan untuk menciptakan rantai industri yang mandiri dan terkendali. Hal ini guna mewujudkan efisiensi produksi yang lebih tinggi, kualitas produk lebih baik dan meningkatkan perekonomian.

Baca juga: GAC Aion mulai bangun pabrik di Thailand

Baca juga: GAC Aion LX Plus miliki jangkauan hingga 1000 km
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024