Jakarta (ANTARA News) - Apa saja warna mobil yang tetap digemari konsumen? Tiga warna mendominasi, yaitu hitam (solid atau metalik), putih dengan berbagai variannya, dan silver alias keperakan. 

Setidaknya begitulah penuturan pegawai-pegawai pemasar berbagai gerai peserta Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013), Jakarta.

"Penjualan masih didominasi warna hitam, putih dan silver. Ada juga yang menginginkan warna merah atau biru. Namun, tidak terlalu banyak dan biasanya karena pembeli memang suka warna itu," kata Sales Strategy PT Nissan Motor Indonesia, Krishna Juwono, di gerai Nissan, Kamis.

Juwono mengatakan, warna hitam, putih dan silver masih digemari biasanya karena mempertimbangkan lebih mudah dijual kembali daripada warna-warna lain. Pembeli yang memilih warna merah atau biru biasanya tidak berpikir untuk menjual kembali mobilnya.

Hal serupa juga dikatakan Sales Area PT Mazda Motor Indonesia, Erika. Menurut dia, meskipun Nissan mengusung warna merah sebagai trademark Nissan CX-5, tetap ada konsumen yang menginginkan warna hitam, putih atau silver.

"Untuk beberapa model, kami memang memiliki warna-warna khusus yang diunggulkan. Misalnya, selain warna merah untuk Nisan CX-5 dan Mazda 6, warna putih untuk Nissan Biante. Namun, biasanya konsumen tetap memiliki pilihan dan selera sendiri untuk warna mobilnya," tuturnya.

Tren pilihan warna juga biasanya berubah. Erika mengatakan awal tahun ini lebih banyak Mazda berwarna putih yang terjual. Namun mendekati akhir tahun, lebih banyak hitam yang diminati.

"Mungkin karena konsumen melihat sudah banyak mobil yang berwarna putih sehingga kemudian memilih warna hitam supaya berbeda," ujarnya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013