Jakarta (ANTARA) - Sedan Grandeur dari Hyundai Motor Co. memimpin pasar mobil hybrid Korea Selatan dalam hal penjualan hampir sepanjang tahun 2023, berdasarkan data industri dari negara tersebut.

Menurut Asosiasi Produsen Otomotif Korea, varian hybrid Hyundai Grandeur terjual sebanyak 57.107 unit selama periode Januari-November tahun ini, mewakili pertumbuhan penjualan sebesar 198,8 persen dari periode yang sama pada tahun 2022, menurut laporan Yonhap, Jumat (29/12).

Penjualan varian hybrid menyumbang 54,6 persen dari total 104.652 unit Grandeur yang terjual selama periode tersebut, menandai kali pertama varian hybrid menyumbang lebih dari setengah penjualan Grandeur.

Baca juga: Ekspor mobil Korsel ke AS capai 1,17 juta unit pada Januari-November

Dengan menggabungkan penjualan varian hybrid dan bensinnya, Grandeur siap menjadi model mobil terlaris di Korea Selatan untuk 2023.

SUV Sorento milik Kia Corp. berada di posisi kedua, dengan varian hybrid terjual sebanyak 51.818 unit selama periode tersebut, diikuti oleh model hybrid Sportage dan K8 dari Kia yang masing-masing terjual sebanyak 29.330 dan 24.240 unit. Varian hybrid Tucson milik Hyundai berada di posisi kelima, terjual sebanyak 17.256 unit.

Menurut asosiasi, total jumlah mobil hybrid yang terjual di Korea Selatan selama sebelas bulan pertama tahun ini mencapai 335.211 unit.

Pengamat industri mengatakan produksi mobil hybrid di Korea Selatan diperkirakan akan meningkat tahun depan berkat pertumbuhan penjualan model hybrid di negara tersebut. 

Baca juga: Biaya Rp21 ribu per hari, Grand Vitara pilihan SUV hybrid terjangkau

Baca juga: Innova Zenix hybrid tawarkan kenyamanan berpadu efisiensi BBM

Baca juga: Honda luncurkan All New Accord, kini bermesin hybrid
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024