Jakarta (ANTARA) - Jenama kendaraan listrik asal China NETA resmi meluncurkan NETA V di Indonesia pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus Lalu. NETA V menjadi produk pertama yang dijual secara resmi di tanah air oleh merek yang didirikan pada 2014 tersebut.

Seiring dengan peluncuran itu, NETA, melalui NETA Auto Indonesia terus berupaya mempromosikan kendaraan unggulan mereka di segmen SUV kompak tersebut di pasar otomotif dalam negeri.

Terbaru, mereka menggelar media test drive NETA V dari Semarang, Jawa Tengah menuju ke Jakarta, pada Rabu (13/12) dan Kamis (14/12).

Melalui kegiatan tersebut, NETA berharap media memperoleh pengalaman menyeluruh mengendarai kendaraan yang sudah dipesan lebih dari 250 unit sejak diluncurkan itu.

Baca juga: NETA bakal kenalkan dua SUV listrik tahun depan

Baca juga: Setelah Wuling BinguoEV, kini NETA V ikut beri garansi seumur hidup


ANTARA berkesempatan menjajal kenyamanan, performa, dan akselerasi berkendara dengan NETA V di berbagai destinasi, mulai dari wilayah perkotaan di Semarang yang padat hingga menjelajahi jalanan mulus sepanjang Tol Trans-Jawa menuju Jakarta sejauh 400 km.

Kesan pertama saat melihat NETA V adalah desainnya yang modern dan praktis. Mobil ini terasa sangat cocok diajak bergerak lincah di lingkungan perkotaan yang padat.

Mobil yang dirakit dengan teknologi di bawah naungan Hozon Auto Manufacturing itu memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.540 mm, dan jarak sumbu roda 2.420 mm.

Dari segi eksterior, NETA V memiliki tampilan yang terkesan kalem, tidak terlalu agresif. Fasia depan yang bersih tanpa gril, menjadi ciri khas mobil listrik. Pendekatan ini memberikan kesan futuristik dan membedakan dari kendaraan konvensional. Sementara lampu depan dan belakang yang dirancang dengan sentuhan modern memberikan sentuhan sporty.

Saat masuk ke dalam mobil lima penumpang ini, pengguna akan disambut oleh ruang kabin yang cukup lapang dan desain interior berkonsep minimalis namun tetap menciptakan suasana nyaman.

Nuansa futuristik hadir lewat layar vertikal 14,6 inci yang terletak tepat di tengah dashboard. Panel kontrol yang intuitif dan sistem infotainment yang menyatu dalam layar canggih memberikan pengalaman berkendara yang terhubung dan memudahkan akses ke berbagai fitur kendaraan.

Meski memiliki dimensi yang kompak, kabin NETA V menawarkan ruangan yang cukup lega. Penumpang di baris kedua mendapat ruang kaki dan kepala yang cukup.

Desain NETA V mengoptimalkan aksesibilitas dan ruang kargo, sekaligus meningkatkan ruang kaki berkat baterai yang diposisikan di bawah lantai. Bagasinya juga relatif besar berkapasitas 355 liter sehingga mampu menampung banyak barang.

Duduk di ruang kemudi NETA V terasa cukup ergonomis untuk pengemudi dengan tinggi sekitar 170 cm, meski lingkar kemudi tidak bisa dinaik turunkan maupun dimaju mundurkan.

Jok dengan lapisan kulit sintetis terasa pas menopang tubuh. Pandangan mata ke depan juga cukup luas dengan pilar A tidak menghalangi penglihatan.

Baca juga: Diler baru NETA lalu penampilan solo Yesung Super Junior di Jakarta
 
Mobil listrik NETA V melintas di Tol Trans Jawa arah Jakarta, Kamis (14/12/2023) (ANTARA/HO- NETA Auto Indonesia)


Saat menginjak pedal gas untuk pertama kalinya, respons kecepatan yang khas pada mobil listrik segera dapat dirasakan. Akselerasi terasa cukup kuat dengan tenaga dan torsi yang terbilang instan.

NETA V memiliki kapasitas baterai sebesar 40,7 kWh dengan jangkauan hingga 401 km (menurut standar pengujian CLTC mil). Mobil ini menghadirkan dua mode berkendara yaitu Normal dan Athletic atau Sport.

Pada bagian bawah mobil terdapat baterai lithium-ion yang diklaim dapat melakukan pengisian daya cepat mulai dari 30 persen hingga 80 persen dalam waktu 30 menit.

Adapun torsi maksimum mobil ini sebesar 150 Nm. NETA mengklaim mobil ini mampu berakselerasi dari posisi diam hingga 50 km/jam dalam 3,9 detik.

Kendaraan ini juga menawarkan pengalaman berkendara yang cukup presisi dan nyaman. Kemudi terasa cukup responsif dan sistem suspensi yang telah diperbarui membuat pengemudi dan penumpang dapat menikmati perjalanan dengan lebih menyenangkan.

Jalur menikung dan berbelok di daerah kota Semarang yang ramai maupun lintasan menanjak dan menurun di Tol Trans Jawa dapat dengan mudah dilibas.

Fitur "One Pedal" yang disematkan pada mobil ini tidak hanya menambah kenyamanan dalam berkendara, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar melalui regenerative braking yang dihasilkan.

Fitur ini mengintegrasikan fungsi gas dan rem ke dalam satu pedal, memudahkan pengemudi untuk mengendalikan mobil dengan satu gerakan yang intuitif.

Dengan menekan pedal gas, mobil melaju maju, dan ketika pedal dilepaskan, fungsi regenerative braking aktif, mengurangi kecepatan dan menghasilkan energi yang kembali ke baterai sehingga menciptakan pengalaman berkendara yang lebih irit.

Berbicara soal keiritan, berkendara jarak jauh dengan NETA V ternyata sangat ramah kantong. Dengan daya yang terisi penuh saat berangkat, perjalanan dari Semarang menuju Jakarta hanya membutuhkan sekali pengisian daya listrik, tepatnya di rest area KM 209. Kala itu, ANTARA hanya menghabiskan biaya sebesar Rp54 ribu untuk mengisi daya listrik dari 56 persen ke 100 persen.

Secara keseluruhan, NETA V menghadirkan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan. Performa yang relatif mumpuni, desain modern dan praktis, harga yang kompetitif, serta komitmen terhadap lingkungan yang ditawarkan membuatnya menjadi alternatif menarik dalam pasar mobil listrik yang semakin berkembang.

Bagi Anda yang tengah mencari mobil listrik kompak yang praktis, nyaman, modern, irit, dan menawarkan rasa berkendara yang cukup menyenangkan dengan harga relatif terjangkau, rasanya NETA V bisa menjadi alternatif pilihan yang pantas dipertimbangkan.

NETA V ditawarkan di dengan harga Rp379 juta, menjadikannya sebagai salah satu mobil listrik "proper" dengan harga paling terjangkau di Indonesia.

Baca juga: Wuling longgarkan garansi seumur hidup BinguoEV

Baca juga: NETA sambut baik kelonggaran TKDN 40 persen untuk kendaraan listrik

Baca juga: Suspensi NETA V diperbarui guna tingkatkan kenyamanan pengguna
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023