Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat pembalap tim Honda Racing Corporation (HRC) yaitu Rubén Fernández dan Tim Gajser yang tampil di MXGP serta Iker Lecuona dan Xavi Vierge yang berkompetisi di WSBK, menyambut positif kolaborasi kembali antara tim dan pihak produsen pelumas-produk perawatan motor Motul sekaligus merasa optimistis menghadapi musim balapan mendatang.

“Kolaborasi ini penting dan saya senang sekali dengan kerja sama ini. Motul membuat motor-motor kami menjadi semakin kuat. Target kami tahun depan adalah meningkatkan kembali apa yang telah dicapai pada tahun ini. Saya tidak bisa menggapai top three dari kejuaraan tahun ini, maka hal itu akan menjadi target pertama yang ingin saya raih tahun depan,” buka pembalap tim HRC MXGP Rubén Fernández saat sesi jumpa media di Jakarta, Rabu.

Rekan setim Fernández yaitu Tim Gajser juga mengungkapkan hal serupa. Dia mengapresiasi segala kerja keras tim dan dukungan dari Motul selama ini untuk membantu tim meraih banyak podium.

“Saya rasa kerja sama antara HRC dengan Motul sangatlah penting karena kita tahu selama ini mereka sudah merawat motor-motor kami, walaupun bukan kami yang sendiri yang melakukannya karena ada tim mekanik, tentu saja. Tetapi, Motul telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus dan kami mengucapkan terima kasih untuk semua hal yang telah mereka berikan kepada kami,” tutur Gajser.

Usai melalui musim ini yang menurutnya cukup berat, Tim Gasjer menuturkan bahwa dirinya akan berupaya sangat gigih untuk dapat meraih kembali gelar juara pada musim depan.

Baca juga: Honda pertahankan gelar juara Suzuka 8 Hours 2023

Sementara itu dua pembalap tim HRC WorldSBK yaitu Iker Lecuona dan Xavi Vierge beranggapan jalinan kerja sama antara HRC dan Motul merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan kedua pihak untuk menggapai banyak podium di setiap kejuaraan.

“Kolaborasi ini luar biasa. Saya sering kali menyampaikan bahwa menjadi pembalap resmi tim HRC adalah impian dari setiap orang dan memiliki rekanan seperti Motul merupakan hal luar biasa. Seperti yang teman-teman saya katakan tadi, kami punya tim mekanik yang merawat motor-motor kami. Tapi di luar jadwal balapan, kami memiliki banyak waktu untuk mencermati motor-motor kami dan mengetahui ada produk bagus merawat itu semua sungguh menyenangkan,” jelas Xavi.

Berbekal motor baru, Xavi menuturkan bahwa tim tetap mematok target juara pada musim mendatang.

“Tim menyiapkan motor baru dan saya sudah siap mengujinya sekaligus harus mulai membiasakan diri. Jadi, salah satu target utama adalah berusaha sekuat tenaga untuk meraih pole position sesegera mungkin dan menikmati setiap balapan. Pada dasarnya, kami sudah meraih beberapa hal positif, cukup kuat saat balapan, dan meraih podium di Suzuka. Kami berfokus terus untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan motor, sekaligus skil,” kata Xavi melanjutkan.

“Apa yang saya sampaikan serupa dengan rekan-rekan pembalap, bahwa jujur memang sangat menyenangkan bisa memiliki Motul yang membantu merawat motor-motor kami. Tim kami tengah menjajal motor baru dan memiliki target memenangkan kejuaraan. Mungkin kami belum tentu siap saat ini, namun yang pasti kami akan berjuang meraih pole,” beber pembalap Iker Lecuona.

Dia menambahkan bahwa persiapan waktu yang minim untuk mencoba motor baru merupakan hal yang cukup menantang saat ini. Meski begitu, dirinya tetap menatap musim mendatang dengan optimisme tinggi.

Baca juga: Repsol Honda rilis RC213V untuk MotoGP 2022, apa yang baru?

“Kami punya waktu dua hari untuk menguji motor baru. Kita lihat apa yang bisa kami lakukan dengan motor ini. Musim ini cenderung cukup tricky dan berat bagi kami dan saya juga sempat cedera. Jadi, kita lihat seperti apa nanti. Semoga hasilnya baik,” ucap dia.

Sejak kali pertama kali berkolaborasi tahun 1989, Motul dan HRC menghasilkan tiga kemenangan di Rally Dakar, termasuk yang terbaru pada tahun 2021. Kolaborasi ini juga memberikan gelar juara bagi tim HRC MXGP pada tahun 2019, 2020, dan 2022 lewat pembalap bintang Honda yang sangat dominan yaitu Tim Gajser.

Sejak 2021, Motul juga telah menjadi official lubricant supplier bagi Tim HRC yang berkompetisi di WSBK. Berupaya melakukan replikasi kesuksesan dicapai pada kejuaraan Motorsport internasional, tim HRC bersama Motul juga mengembangkan CBR1000RR-RR FIREBLADE.

Selain itu, salah satu pusat R&D internasional Motul berada di Jepang yakni tempat insinyur Motul bekerja sama dengan departemen pengembangan mesin HRC pada berbagai proyek. Hal ini termasuk pengembangan pelumas sintetis performa tinggi seperti Motul 300V Factory Line Racing Oil 0W-30, serta rangkaian produk Motul Motocool Factory Line dan MC CARE.

Baca juga: Kembali ke Indonesia, empat "riders" HRC rindukan sambutan hangat

Baca juga: Intip profil empat pembalap HRC yang datang ke Indonesia

Baca juga: "Riders" HRC sapa penggemar balap motor Tanah Air
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023